Gorontalo Masih Banjir, KPU Upayakan Pemilu Ulang Tak Terganggu

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar pemungutan suara ulang (PSU) untuk Pemilu Legislatif 2024 di sejumlah wilayah pada Sabtu, 13 Juli besok.

Salah satu daerah yang bakal digelar pemilu ulang adalah Gorontalo, yang kini masih dilanda bencana banjir.

Plt Ketua KPU Mochammad Afifuddin menyebut pihaknya mengupayakan agar pelaksanaan PSU di Gorontalo tidak terganggu.

"Terkait dengan musibah yang terjadi, kami sudah terima laporan dari teman-teman dan sudah pasti diupayakan langkah-langkah yang memungkinkan untuk menggelar PSU di daerah yang terkena musibah," kata Afif di kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Juli.

Afif menyebut, jajarannya telah terjun ke lapangan untuk memastikan PSU di Gorontalo dan sejumlah daerah lainnya bisa berlangsung lancar esok hari.

"Kami sudah dapatkan update semuanya dan berbagi tugas untuk tim yang datang ke daerah-daerah PSU tersebut. Insyaallah sudah siap semua," ungkap Afif.

Afif mengatakan logistik kepemiluan yang akan digunakan dalam pemilu ulang besok tengah didistribusikan ke lokasi yang mobilitasnya terjangkau dengan tempat pemungutan suara (TPS).

"Hari ini berangsur sebagian titik-titik yang tidak terlalu jauh didistribusikan. Kami sudah cek semuanya, termasuk daerah terjauh di Papua Pegunungan," jelasnya.

Diketahui, KPU menjadwalkan pemungutan suara ulang di sejumlah daerah pada 13 Juli 2024. PSU ini dilakukan menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pileg 2024.

Esok hari, PSU dilakukan untuk pemilihan DPRD Provinsi Gorontalo dapil 6, DPRD Kota Tarakan 1, DPRD Provinsi Riau 3 dan DPRD Kabupaten Rokan Hulu 3, DPRD Kabupaten Jayawijaya 4, DPRD Papua Pegunungan 1, dan DPD RI Sumatera Barat.