Pesawat Jatuh ke Waduk Montana, Pilot Pemadam Kebakaran Tewas

JAKARTA - Seorang pilot tewas ketika pesawat pemadam kebakaran bermesin tunggal jatuh ke waduk Montana, Amerika Serikat, saat mengambil air untuk memadamkan api di dekatnya.

Kecelakaan itu dilaporkan terjadi di Waduk Hauser di Sungai Missouri di timur laut Helena di Lewis dan Clark County.

Tim penegak hukum dan pencarian dan penyelamatan dengan perahu merespons, bersama dengan penyelam dari Gallatin County.

Pilot pesawat "scooper", wanita berusia 45 tahun, dinyatakan meninggal.

"Ini tidak hanya sekedar masuk dan terbang serta mengambil air. Ini adalah jenis lingkungan yang berbahaya," kata Sheriff Lewis dan Clark County Leo Dutton dilansir CBS News, Kamis, 11 Juli.

Administrasi Penerbangan Federal, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dan Dinas Kehutanan AS akan menyelidiki jatuhnya pesawat AT-802, yang bekerja untuk Dinas Kehutanan dan dikontrak di Idaho.

Pilot tersebut adalah bagian dari kru yang memerangi kebakaran seluas 600 hektare yang disebabkan oleh manusia yang membakar kayu lebat di hutan nasional Helena-Lewis dan Clark sekitar 5 mil selatan kota York.

Kebakaran terjadi pada Selasa, di mana kantor sheriff memerintahkan warga untuk mengungsi pada Rabu sore.

“Kami sangat sedih mengetahui meninggalnya perempuan muda petugas pemadam kebakaran hutan belantara yang secara tragis kehilangan nyawanya saat merespons kebakaran Horse Gulch di Helena, Montana,” kata Gubernur Montana Greg Gianforte dan Gubernur Idaho Brad Little dalam pernyataan bersama.

“Respons pertama kami dan petugas pemadam kebakaran hutan belantara mempertaruhkan nyawa mereka untuk merespons ancaman dengan cepat dan melindungi komunitas kita. Berlari menuju api adalah sebuah tindakan yang penuh keberanian,” imbuhnya.