Apple dan Google Hadirkan Alat untuk Bisa Transfer Google Photos ke iCloud

JAKARTA - Google dan Apple berkolaborasi meluncurkan alat baru yang memungkinkan pengguna untuk dapat mentransfer gambar dari Google Photos ke iCloud. 

Ditemukan pertama kali oleh 9to5google, sebagai bagian dari Data Transfer Initiative (DTI), alat ini akan melengkapi transfer yang sudah ada yang pertama kali dimungkinkan dari iCloud Photos ke Google Photos. 

Penawaran dari Apple dan Google akan diluncurkan secara bertahap mulai minggu depan dan merupakan alat terbaru yang didukung oleh tumpukan teknologi Data Transfer Project (DTP) sumber terbuka. 

Dengan alat ini, Anda tidak perlu mengunduh, mengunggah, atau melakukan apa pun selain memulai proses di web. 

Halaman dukungan Apple mengatakan bahwa proses ini dapat memakan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk menyelesaikannya, tergantung pada ukuran transfer.

Perlu diketahui juga bahwa layanan ini tidak akan berfungsi untuk akun anak, akun Managed Apple ID (yang disiapkan melalui admin TI) atau akun iCloud dengan Advanced Data Protection yang diaktifkan. 

Melansir Engadget, DTI diluncurkan pada tahun 2023 sebagai hasil kolaborasi antara Apple, Google, dan Meta. Secara resmi, DTI dibentuk untuk memajukan tujuan Data Transfer Project (DTP) sumber terbuka, yang dimulai lima tahun sebelumnya.