Strategi Bisnis Sparepart Motor agar Gampang Cuan

YOGYAKARTA - Bisnis sparepart motor di Indonesia boleh di bilang amat menjanjikan. Soalnya motor merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat kita.

Tak heran apabila banyak pelaku bisnis beralih untuk membuka bengkel motor atau dijadikan bisnis utama yang prospektif.

Namun sebelum melangkah lebih jauh untuk membisniskan sprepart motor kalian perlu tahu strategi yang jitu agar tak salah jalan dan bangkrut nantinya. Berikut beberapa strateginya supaya kalian bisa berjualan sprepart motor:

Bisnis Sparepart Motor datangkan cuan (Gambar Alexander Mils-Unsplash)

Strategi Bisnis Sparepart Motor

I. Mempersiapkan Modal Usaha

Tiap bisnis memerlukan modal usaha buat menunjang aktivitas operasional sehari-hari. Ada pula modal buat bisnis sparepart serta aksesori motor diperlukan buat menyewa tempat, mempersiapkan sarana toko serta pengadaan perlengkapan. Biasanya, dana yang dibutuhkan buat penyewaan tempat kurang lebih 20 persen dari anggaran modal awal, sarana toko sebesar 10 persen, serta pengadaan perlengkapan sekitar 70 persen.

II. Belanja Sparepart Lewat Pemasok Terpercaya

Membeli sparepart dari pemasok terpercaya ialah strategi kunci, supaya bisnis suku cadang motor yang dijalankan bisa terus berkembang.

Pastikan seluruh suku cadang, mulai dari oli, aki, busi, mur baut, dan pernak-pernik motor lain diperoleh dari supplier terpercaya. Perihal ini sebab pada dasarnya, kualitas ataupun mutu produk yang dijual merupakan aspek penting dalam suatu bisnis.

Dengan mempraktikkan strategi ini, tingkatan kepuasan pelanggan terhadap bisnis suku cadang pelaku usaha bisa bertambah. Apalagi, metode ini pula tidak menutup kemungkinan sanggup menumbuhkan loyalitas pelanggan.

Kedua keadaan tersebut pastinya bakal memberikan dampak positif untuk bisnis suku cadang motor yang dijalankan, mulai dari meningkatnya profitabilitas usaha, memperluas jangkauan pasar, sampai memenangkan persaingan dengan kompetitor.

III. Manfaatkan Teknisi Servis Selaku Media Penjualan

Mengingat teknisi servis mempunyai pengetahuan mendalam terpaut dunia suku cadang kendaraan bermotor. Perihal tersebut bisa dimanfaatkan guna tingkatkan daya jual bisnis suku cadang, sekaligus memenangkan persaingan dengan kompetitor.

Maka dari itu, pelakon bisnis harus sanggup merekrut teknisi servis yang sangat berkompeten dalam bidang terkait buat menyukseskan metode kedua ini.

IV. Sederhanakan Proses Pemesanan

Di era ini, membuat proses pemesanan bisa berjalan sederhana yaitu suatu keharusan. Termasuk pula bisnis sparepart, Kalian wajib sanggup sediakan bermacam opsi pemesanan serta pembayaran.

Untuk mempermudah proses pemesanan Kalian bisa membuat website, membuat akun e-commerce, serta pula toko offline.

Kemudian buat opsi pembayaran, ada baiknya Kalian tidak cuma menerima dalam wujud uang tunai, tetapi pula lewat transfer ataupun QRIS.

V. Analisis Harga Kompetitor secara Menyeluruh

Dalam melaksanakan tiap bisnis tentu bakal senantiasa ada kompetitor, tidak kecuali usaha suku cadang kendaraan bermotor.

Oleh sebab itu, buat menanggulangi tantangan tersebut yaitu dengan menganalisis harga kompetitor secara merata di pasaran, misalnya lewat survei.

Upaya ini bisa menolong memenangkan persaingan dengan kompetitor melalui penetapan harga terbaik, yang tidak begitu mahal untuk pelanggan tetapi senantiasa menguntungkan buat bisnis.

VI. Pakai Media Sosial Selaku Fasilitas Promosi Menarik

Media sosial dapat jadi strategi efisien berikutnya, dalam meningkatkan bisnis suku cadang kendaraan bermotor selaku fasilitas promosi yang menarik.

Mengingat saat ini kebanyakan warga Indonesia ialah pengguna aktif media sosial. Maka metode ini ialah langkah yang pas buat upaya promosi, yakni untuk menarik dan menjangkau audiens sebanyak mungkin.

Dalam praktiknya, promosi di media sosial bisa menggunakan bermacam-macam fitur variatif yang ada supaya bisa lebih menarik di mata calon pelanggan.

Bisakah Memulai Bisnis Sparepart Motor Tanpa Modal?

Sempatkah terbesit sekilas dalam benak, apakah mungkin bisa melaksanakan bisnis suku cadang sepeda motor tanpa modal dana? Jawabannya yaitu sangat mungkin, sebab saat ini ada beberapa kesempatan yang mempermudah calon pelaku usaha buat melaksanakan bisnis tanpa modal.

Berikut 4 poin kesempatan yang bisa diterapkan, supaya dapat melaksanakan bisnis suku cadang motor tanpa wajib mengeluarkan modal.

  1. Jadi e-Dropshipper
  2. Bangun Kerja Sama dengan Distributor
  3. Perluas Jaringan Sesama Pebisnis Sparepart
  4. Ajukan Modal Kepada Lembaga Bersertifikasi ataupun Pemerintah

Setelah sprepart motor sukses tentunya kalian ingin membuka jasa serfis motor bukan? Namun kalian perlu tahu Servis Sepeda Motor di Bengkel Resmi, Apa Saja Kelebihannya? Agar bisa bersaing kedepannya.

Jadi setelah mengetahui strategi bisnis sparepart motor, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!