Cardano Melonjak 5%, Ini Penyebabnya!

JAKARTA - Harga Cardano (ADA) mengalami kenaikan sekitar 5% setelah diperkenalkannya Cardano node v9.0, yang menandai era baru dalam tata kelola desentralisasi.

Intersect, organisasi berbasis anggota untuk ekosistem Cardano, mengumumkan peluncuran node tata kelola Cardano melalui platform X. Dalam postingan pada Selasa, 9 Juli, diumumkan bahwa rilis Cardano node v9.0 menandai selesainya pengembangan utama untuk tata kelola on-chain. Selain itu, ini memulai pengujian dan adopsi yang didorong oleh ekosistem.

Beberapa fitur inti yang disertakan dalam peluncuran node tata kelola ini antara lain dukungan untuk skrip referensi Plutus v1 dan dukungan tanda tangan skrip Plutus melalui CIP-69. Ini adalah langkah penting dalam mewujudkan tata kelola desentralisasi yang diusulkan dalam proposal CIP-1694. Pada akhirnya, peluncuran ini dan beberapa langkah terbaru lainnya yang diambil oleh Cardano semuanya diarahkan untuk mempersiapkan upgrade Chang Hard Fork dengan lancar.

Dikutip dari Coingape, Charles Hoskinson, pendiri visioner Cardano, menyatakan bahwa Chang Hard Fork bukan hanya sekadar upgrade tetapi juga tonggak strategis dalam perjalanan ADA menuju tata kelola komunitas yang sepenuhnya. Intersect mengklaim telah mendorong sumber daya dan upaya untuk menciptakan infrastruktur yang diperlukan untuk upgrade ini.

“Chang adalah upgrade penting yang dirancang untuk mengimplementasikan tata kelola desentralisasi dalam blockchain Cardano. Proses ini sangat berakar pada prinsip-prinsip yang diusulkan selama era Voltaire dalam roadmap Cardano dan dijelaskan dalam CIP-1694,” menurut pernyataan yang diterbitkan oleh Intersect.

Baca juga:

Hoskinson sebelumnya telah meyakinkan anggota komunitas Cardano bahwa node Cardano akan segera mencapai v9.0. Pada saat itu, tim Cardano mengharapkan bahwa upgrade Chang Hard Fork akan diselesaikan pada bulan Juni.

Sekarang setelah node Cardano v9.0 akhirnya tiba, ini menandakan bahwa Cardano siap untuk Chang Hard Fork. Mengingat bahwa tim mencatat upgrade ini akan secara resmi diluncurkan pada Q1 2024, Chang Hard Fork Cardano mungkin hanya tinggal beberapa minggu lagi.

Antisipasi yang meningkat untuk upgrade ini, ditambah dengan pencapaian node tata kelola baru-baru ini, telah memicu tren naik untuk ADA. Menurut data dari pelacak pasar kripto CoinMarketCap, ADA saat ini diperdagangkan pada 0,3751 Dolar AS (sekitar Rp6.094). Aset digital ini sebelumnya mencatat kenaikan 5%, tetapi setelah beberapa fluktuasi, pertumbuhan 24 jam Cardano dibatasi pada lonjakan 3%.