Pembaruan Signifikan Apple Watch Series 10 dan Ultra 3 Diharapkan Muncul Musim Gugur Ini

JAKARTA -Apple dikabarkan akan memperkenalkan pembaruan signifikan pada Apple Watch Series 10 dan Ultra 3 pada musim gugur ini. Informasi terbaru menunjukkan bahwa kedua model ini akan debut dalam waktu dua bulan pada acara musim gugur Apple, bersamaan dengan peluncuran yang sangat dinantikan untuk seri iPhone 16.

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple Watch Series 10 akan hadir dengan varian baru yang menawarkan layar lebih besar dan desain lebih tipis. Hal ini akan memberikan pilihan bagi pelanggan yang menginginkan Apple Watch dengan ukuran 49mm tanpa harus memilih lini Ultra yang lebih besar. Selain itu, model baru ini juga dilaporkan akan menyertakan chipset baru dari seri S.

Sebelumnya, Apple Watch Series 10 diharapkan akan memperkenalkan mekanisme attachment band magnetik yang baru. Namun, perubahan ini tampaknya tidak akan disertakan dalam generasi kali ini, dan masih belum diketahui apakah rencana ini ditunda atau dibatalkan sepenuhnya.

Chip baru, yang kemungkinan besar adalah S10, akan digunakan pada Apple Watch Series 10 dan Ultra 3. Meskipun chip ini mungkin tidak akan menghadirkan fitur kecerdasan buatan (AI) pada jam tangan pintar Apple, chip ini akan mempersiapkan dasar untuk beberapa fitur AI di masa mendatang.

Dalam hal pemantauan kesehatan, Apple dilaporkan berharap dapat memperkenalkan fitur pemantauan tekanan darah dan sleep apnea pada tahun ini. Namun, tampaknya perusahaan belum puas dengan hasil pengujian dan mungkin akan menunda peluncuran fitur-fitur tersebut.

Selain dua model unggulan ini, Apple juga kemungkinan akan meluncurkan Apple Watch SE 3 dengan bahan plastik yang menyasar pelanggan dengan anggaran terbatas.

Acara musim gugur Apple yang akan datang diharapkan menjadi momen penting bagi penggemar Apple, dengan peluncuran produk-produk baru yang diharapkan dapat memberikan peningkatan signifikan dalam teknologi dan desain.

Casing Plastik

Sementara itu untuk Apple Watch SE 3, mungkin akan menggantikan casing aluminium dengan casing plastik yang lebih murah, sebuah langkah yang bisa membuat jam tangan pintar budget dari Apple ini menjadi lebih terjangkau. Dengan demikian, Apple mungkin dapat menarik perhatian konsumen yang sadar anggaran, yang sebaliknya akan memilih Samsung Galaxy Watch FE yang lebih murah.

Beberapa tahun yang lalu, Apple mencoba menarik pelanggan dengan anggaran terbatas dengan merilis iPhone 5c berbahan plastik. Produk tersebut gagal total, mendorong Apple untuk memikirkan kembali strateginya. Kemudian, Apple mulai merilis produk berlabel SE yang menawarkan teknologi yang lebih tua namun dengan build kualitas yang baik. Meski gagal, Apple tampaknya mempertimbangkan kembali penggunaan bahan plastik untuk Apple Watch SE 3 yang akan datang.

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple sedang mencari cara untuk menurunkan biaya smartwatch SE-nya, yang saat ini lebih mahal daripada Samsung Galaxy Watch FE. Untuk melakukannya, perusahaan dapat menggantikan casing aluminium Apple Watch SE 3 dengan plastik kaku.

Sebagai referensi, Apple Watch SE saat ini dijual seharga  249 dolar AS (Rp4 juta), sementara Samsung Galaxy Watch FE dijual seharga 199 dolar AS (Rp3,2 juta). Jadi, pelanggan yang tidak terlalu mempedulikan platform dan mencari smartwatch yang terjangkau akan cenderung memilih Galaxy Watch FE atau salah satu dari klon Apple Watch yang tidak resmi. Dengan kemungkinan menurunkan harga untuk menyaingi Samsung, Apple bisa memenangkan beberapa konsumen ini.

Mengingat bahwa Apple membuat prototipe berbagai produk namun tidak merilis sebagian besar dari mereka, ada kemungkinan Apple Watch plastik tidak akan pernah dirilis. Laporan tersebut hanya menyatakan bahwa perusahaan telah menguji ide swap material ini, dan tampaknya tidak ada rumor kredibel yang mengarah pada produksi massal model tersebut.

Apple Watch SE 3 mungkin akan diluncurkan selama acara musim gugur perusahaan dalam dua bulan. Hingga saat itu, kita tidak akan tahu pasti seperti apa smartwatch SE generasi berikutnya