PKB Usul Nagita jadi Cawagub Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Ketua Gerindra Lihat Potensi dan Elektabilitas

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad merespons usulan PKB yang ingin artis Nagita Slavina menjadi calon wakil gubernur (cawagub) pendamping Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara (Sumut) 2024. Menurut Dasco, soal keputusan cawagub ada di tangan cagub. 

"Jadi begini untuk yang namanya wagub tentunya nanti juga harus mendapatkan persetujuan dari calon gubernur (Bobby Nasution), tentunya karena mereka yang akan bekerja sama," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 8 Juli. 

Kendati demikian, Dasco tak keberatan jika ada partai politik (parpol) yang mengusulkan. Sebab nantinya, kata dia, nama cawagub akan diputuskan bersama parpol pengusung. 

"Nah bahwa kemudian beberapa partai kemudian mencalonkan wakil gubernur itu tentunya boleh-boleh saja, dan keputusannya nanti akan kita putuskan bersama," katanya. 

Wakil Ketua DPR itu pun mengatakan, Gerindra akan melihat sejauh mana potensi dan elektabilitas Nagita sebagai cawagub Sumut. 

"Dan bahwa yang dicalonkan itu juga kita lihat mempunyai potensi dan elektabilitas yang tinggi dan disukai masyarakat, ya itu juga tentunya menjadi salah satu bahan pertimbangan kami," kata Dasco. 

Sebelumnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengusung Bobby Nasution menjadi calon Gubernur Sumatera Utara di Pilkada 2024. PKB juga mengusulkan agar Nagita Slavina menjadi calon wakil gubernur pendamping menantu Presiden Joko Widodo tersebut.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid usai memberikan rekomendasi pengusungan kepada Bobby.

"Saya sampaikan ke Mas Bobby, memang kan ini zaman media sosial, kami mengusulkan yang mendampinginya itu Mbak Nagita Slavina," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli.

Jazilul lantas meminta Bobby menyampaikan kepada partai-partai politik lain yang juga mengusungnya terkait usulan PKB yang menyodorkan nama istri Raffi Ahmad tersebut menjadi cawagubnya.

"Salah satu contoh yang diusulkan oleh PKB, saya yakin terbuka, partai yang lain mengusulkan nama perempuan yang akan mendampingi Mas Bobby," ucap Jazilul.