YouTube Music Menguji Fitur Pembuatan Radio Khusus dengan AI

JAKARTA – YouTube Music sedang menguji fitur Radio AI, alat untuk membuat radio khusus dengan dukungan Kecerdasan Buatan (AI) generatif. Pengguna bisa membuat radio dengan mengajukan perintah.

Dilansir dari 9to5google, fitur Radio AI akan ditambahkan ke dalam akun, perangkat, atau aplikasi YouTube Music. Fitur ini akan muncul dengan kartu yang bertuliskan, "Minta musik dengan cara apa pun yang Anda suka."

Di bagian sudut kiri bawah kartunya, pengguna akan melihat ikon kecil berbentuk tombol play untuk Mulai Radio. Saat diklik, pengguna akan melihat ruang obrolan dengan kolom pengetikan di bagian bawah untuk memasukkan perintah apa pun.

Selain diketik, pengguna juga bisa mengajukan perintah melalui suara. Metode apa pun yang digunakan untuk memasukkan perintah, YouTube Music mungkin memberikan hasil yang kurang akurat karena fitur ini masih diuji.

"Respons yang dihasilkan AI bersifat eksperimental. Kualitas dan akurasi dapat bervariasi. Harap jangan memasukkan informasi rahasia atau pribadi mengenai diri Anda atau orang lain," kata YouTube.

Di bagian atas kolom masukan perintah, YouTube Music memberikan beberapa rekomendasi musik seperti catchy paduan suara pop yang menarik, soundtrack yang epik, lagu-lagu pop yang ceria, dan lainnya. Pengguna juga bisa memilih opsi Kejutkan Aku.

Setelah memilih atau mengajukan perintah, YouTube Music akan menampilkan Radio AI dalam bentuk daftar putar dan lagu pertama bisa langsung diputar. Jika pengguna tertarik dengan hasilnya, mereka bisa menambahkan radionya ke dalam daftar putar.

Kemampuan baru ini hanya terlihat di beberapa perangkat dan belum diketahui kapan akan diluncurkan. Mengingat fitur ini menggunakan AI, sepertinya Radio AI akan diluncurkan ke para pelanggan premium.