Porsche Bakal Kurangi Produksi Taycan karena Lemahnya Permintaan

JAKARTA - Porsche dikabarkan akan mengurangi jumlah produksi dari mobil listrik Taycan di pabrik Zuffenhausen, Jerman. Langkah ini dilakukan karena tren penjualan dari model tersebut alami penurunan.

Taycan merupakan tumpuan merek dari Jerman ini dalam segmen mobil listrik bergaya sport dengan bukukan penjualan lebih dari 40.000 unit pada tahun lalu. Namun sebuah laporan mengatakan bahwa penjualannya alami penurunan karena banyak pelanggan yang membeli EV di awal dan tren ini tidak dapat berlanjut.

Melansir dari Carscoops, Senin, 8 Juli, merek mobil sport ini merespons fenomena ini dengan beralih ke satu shift pada pabrik Zuffenhausen di mana Taycan dirakit. Porsche diperkirakan sedang bernegosiasi dengan dewan pekerja setempat, dan perubahan tersebut diperkirakan tidak akan mengakibatkan hilangnya pekerjaan. Namun, juru bicara belum memberikan komentar mengenai hal ini.

Penjualan kendaraan listrik mengalami penurunan selama enam bulan pertama tahun 2024 di Jerman turun 16,4 persen. Selain itu, pasar China sedang kekurangan Taycan karena semakin banyaknya kendaraan listrik murah yang diproduksi secara lokal.

Terlebih lagi, pembeli dari China lebih menginginkan sebuah mobil mewah dari Jerman dengan mesin pembakaran murni (ICE), bukan listrik sepenuhnya.

Kabar ini muncul menyusul berita bahwa model Taycan di seluruh dunia harus melalui proses recall karena permasalahan pada sistem pengereman.

Merek dari Jerman ini mencatat adanya masalah pada selang pengereman di bagian depan yang mengalami sejumlah keretakan menyebabkan minyak rem bocor. Dengan demikian, ini dapat mengurangi tekanan rem dan efektivitas sistem.

Porsche belum ungkapkan jumlah kendaraan yang terdampak, namun mereka telah menjual sebanyak 150.000 unit Taycan secara global sejak diluncurkan pada 2020 lalu.

Porsche Taycan yang mengalami kesalahan ini akan menampilkan lampu peringatan pada bagian dasbor. Jika pemilik melihat tanda peringatan ini, maka mobil tersebut disegerakan untuk membawanya ke jaringan dealer.

Sementara itu, bila pemilik kendaraan melihat lampu merah muncul pada indikator maka mereka harus menghubungi Porsche dan dihimbau untuk tidak menggunakan kendaraannya.

Pihak pabrikan akan melakukan sejumlah perubahan mulai dari mendesain ulang selang, titik pengereman, dan kinematic terbaru. Porsche meyakini kegagalan ini dapat diminimalisir dengan perubahan ini.