Misi Simulasi Habitat Mars Berakhir, Empat Relawan Akhirnya Pulang

JAKARTA – Misi simulasi habitat Mars yang telah berjalan selama 378 hari akhirnya berakhir. Empat relawan yang ikut serta telah meninggalkan area simulasi habitat Mars di Johnson Space Center pada 6 Juli lalu.

Keempat relawan tersebut adalah Kelly Haston, Anca Selariu, Ross Brockwell, dan Nathan Jones. Mereka bersedia untuk bergabung ke dalam misi Crew Health and Performance Exploration Analog pertama (CHAPEA-1) pada 25 Juni tahun lalu.

Selama lebih dari setahun, Haston dan rekannya tinggal di habitat cetak 3D yang diberi nama Mars Dune Alpha. Seluruh hal yang dilakukan keempat relawan di area seluas 158 meter itu akan menjadi masukan bagi perencanaan NASA.

Lembaga antariksa AS itu berencana meluncurkan misi berawak pertama ke Planet Merah pada akhir tahun 2030-an atau awal tahun 2040-an. Mereka juga mengambil pelajaran dari misi Artemis untuk diterapkan ke misi pendaratan astronot di Mars.

Haston, salah satu peserta di Mars Dune Alpha, mengatakan bahwa misi simulasi habitat Mars memberikan banyak pelajaran yang berharga. Ada banyak tantangan di dalamnya, tetapi penuh juga dengan suka dan duka.

"CHAPEA-1 merupakan pengalaman yang unik, penuh tantangan, suka duka, kerja keras, dan juga sedikit kesenangan," kata Haston dalam siaran langsung NASA, dikutip dari Spacenews. "Saya merasa terhormat karena berada di wahana analog Mars selama satu tahun."

Hoston dan kru lainnya melakukan beberapa tugas penting selama CHAPEA-1 berlangsung, salah satunya Marswalk atau kegiatan berjalan di lingkungan mirip Mars. Mereka juga menanam dan memanen sayur, serta merawat berbagai peralatan selama di Mars.

Semua tugas ini tidak dilakukan dengan mudah karena NASA memberikan berbagai tekanan selama misi berjalan, seperti komunikasi yang buruk dengan Bumi, terisolasi di lingkungan Mars, dan terbatasnya sumber daya.