Deretan Fitur yang Bakal Apple Luncurkan di tvOS 18

JAKARTA – Selama menggelar acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Juni lalu, Apple fokus membicarakan macOS Sequioa dan iOS 18. Padahal, masih ada OS lainnya yang akan dirilis, yaitu tvOS 18

Sistem Operasi (OS) terbaru untuk Apple TV ini akan mendapatkan fitur dan beberapa penyempurnaan. Meski tidak banyak disinggung di acara para pengembang Apple, berikut ini beberapa fitur baru yang akan ditambahkan ke tvOS 18.

Cara Mencari Kata di Dalam Video YouTube

Apple akan menambahkan informasi mengenai pemain dari film atau acara yang sedang ditayangkan di Apple TV. Melalui fitur Insight, pengguna tidak hanya mendapatkan informasi seputar aktor, tetapi lagu yang sedang diputar.

Saat mengeklik salah satu aktornya, pengguna akan melihat halaman filmografi untuk melihat latar belakangnya. Lagu yang ditampilkan juga bisa diklik dan ditambahkan ke dalam daftar putar Apple Music.

Enhance Dialogue

Apple memperbarui Enhance Dialogue di tvOS 18 dan membuat fiturnya menggunakan mesin pembelajaran (ML). Dengan menambahkan ML, Apple TV menghadirkan vokal yang jernih dan disesuaikan dengan jenis audionya, seperti musik atau aksi.

Fitur ini juga berfungsi dengan speaker yang terhubung melalui HDMI, AirPods, atau Bluetooth. Selain itu, Enhance Dialogue akan menawarkan aksesibilitas Isolasi Suara Lanjutan agar audionya dimaksimalkan selama pemutaran video.

Smart Subtitles

Apple membuat perangkat televisinya menjadi semakin cerdas. Di tvOS 18, subtitle akan muncul secara otomatis saat pengguna mengeklik tombol mute atau bisukan.

Apple TV juga akan mendeteksi perbedaan bahasa di film atau acara dengan bahasa di sistem bawaan. Jika bahasa yang diterapkan di sistem adalah bahasa Inggris, Apple TV akan memunculkan subtitle di film atau acara dengan bahasa Jerman dan bahasa lainnya.

Live Captions

Salah satu fitur menarik dari Apple adalah Live Captions di aplikasi FaceTime. Selama pengguna melakukan panggilan video, mereka bisa melihat terjemahan secara otomatis di dalam prompter virtual berukuran kecil.

Fitur ini sangat berguna bagi pengguna dengan gangguan telinga atau penyandang tuli. Live Captions akan menampilkan teks terjemahan secara real-time dan mengikuti kalimat yang diucapkan lawan bicaranya.