Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi Premium, Mana Nomor yang Menghadap Depan?

YOGYAKARTA - Kereta ekonomi premium menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin bepergian atau traveling dengan bujet terbatas. Harga kereta ini jauh lebih murah dibanding kereta premium, namun menawarkan kursi yang lebih nyaman daripada kelas ekonomi biasa. 

Naik kereta ekonomi premium cukup memberi kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh. Berbeda dengan kereta ekonomi biasa yang menyediakan kursi berhadapan dan sandara tegak, kursi kelas ekonomi premium disetel dua set dan tidak berhadapan. 

Dengan susunan kursi kereta ekonomi premium, penumpang biasa lebih enjoy dan tenang menikmati perjalanan. Supaya perjalanan makin nyaman, pemilihan posisi kursi juga perlu dipertimbangkan. Ada beberapa tips memilih kursi kereta ekonomi premium yang perlu Anda tahu.

Tips Memilih Kursi Kereta Ekonomi Premium

Posisi kursi juga menjadi salah satu faktor bagi penumpang untuk bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Dalam gerbang kereta ekonomi premium, susunan kursi dibagi menjadi dua arah. Ada yang menghadap maju seperti arah kereta dan ada yang membelakangi laju kereta. 

Banyak orang biasanya kurang nyaman ketika harus duduk dengan posisi membelakangi arah keberangkatan kereta. Tak jarang orang-orang mudah pusing atau mual ketika duduk dalam posisi menghadap belakang arah kereta. 

Dalam pembelian tiket kereta ekonomi, biasanya orang-orang akan berebut supaya mendapatkan kursi yang menghadap ke depan. Namun memilih kursi posisi ini pun juga tidak mudah atau ada triknya tersendiri. 

Oleh karena itu, Anda harus jeli dalam memilih seat atau kursi ketika memesan tiket kereta api. Berikut ini tips memilih kursi kereta ekonomi premium yang bisa Anda praktikkan agar memperoleh kursi sesuai keinginan:

Pilih Kursi Nomor 1 hingga 12 untuk Rute dari Timur ke Barat

Bagi orang yang jarang naik kereta ekonomi premium mungkin akan bingung dengan tata letak kursi sesuai nomornya. Ada deretan nomor yang membedakan antara posisi hadap kursi berdasarkan arah rute perjalanan keretanya. 

Apabila kereta yang Anda naiki berangkat dari timur menuju barat, pilihlah kursi antara nomor 1-12 agar bisa menghadap ke depan mengikuti arah ke laju kereta. Misalnya kereta dengan rute Yogyakarta ke Jakarta, Jawa Timur ke Jakarta, Jakarta ke Banten, Jawa Barat ke Jakarta. 

Pilih Kursi Nomor 12 hingga Akhir untuk Rute dari Barat ke Timur

Sebaliknya, jika kereta Anda berjalan dari barat ke timur maka pilihan nomor kursi dari 12 hingga nomor terakhir. Memilih kursi dengan nomor tersebut dapat menghindarkan Anda dari posisi menghadap belakang kereta. Misalnya perjalanan rute Jakarta ke Yogyakarta, Jakarta ke Jawa Tengah, Yogyakarta ke Jawa Timur, dan lainnya. 

Hindari Kursi di Dekat Bordes

Jika Anda ingin beristirahat selama perjalanan panjang, sebaiknya hindari kursi yang dekat dengan bordes. Bordes adalah ruangan di ujung gerbong yang digunakan sebagai akses keluar masuk antar gerbong kereta.

Kursi yang dekat dengan bordes biasanya mudah terganggu karena suara berisik saat pintu dibuka dan ditutup. Selama perjalanan akan banyak orang yang keluar masuk untuk ke toilet atau gerbong lain. Jadi lebih baik memilih kursi yang letaknya di tengah gerbong. 

Memilih Kursi Dekat Gerbong Makan

Tips ini bisa sebenarnya hanya opsional aja, jadi bisa Anda terapkan atau tidak saat membeli tiket kereta api untuk perjalanan jauh. Jika Anda membawa makanan atau minuman sendiri, tidak perlu memilih kursi dekat gerbong makan.

Namun apabila Anda tidak membawa bekal dan ingin makan saat di perjalanan, tips ini bisa Anda terapkan. Dengan memilih kursi dekat gerbong makan, Anda akan lebih mudah ketika ingin pergi makan. Apabila malas beranjak dari kursi, Anda dapat memesan makanan atau minuman melalui aplikasi.

Demikianlah tips memilih kursi kereta ekonomi premium yang perlu Anda ingat ketika akan pergi traveling atau luar kota. Posisi kursi atau arah duduk sangat berpengaruh pada kenyamanan selama perjalanan kereta. Baca juga KAI targetkan modifikasi 60 kereta ekonomi new generation.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.