Hasto PDIP Bakal Diperiksa Lagi? KPK: Penyidik Sudah Susun Rencana

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan penyidiknya pasti punya strategi dalam perkara yang sedang ditangani.

Hal ini disampaikan Juru Bicara KPK Tessa Mahardika saat ditanya soal jadwal pemeriksaan Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto terkait kasus Harun Masiku yang masih buron. Katanya, tak perlu berspekulasi karena pemanggilan bakal dilakukan sesuai kebutuhan penyidik.

“Ya, saya pikir kita tunggu saja ya,” kata Tessa kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan yang dikutip pada Rabu, 3 Juli.

Tessa bilang tak mungkin memanggil saksi yang tak diperlukan keterangannya. “Saat ini penyidik tentu punya rencana penyidikan,” tegasnya.

“Mereka sudah menyusun saksi-saksi mana saja yang akan dipanggil sesuai dengan kebutuhan dan kewenangan. Jadi tunggu saja,” sambung juru bicara berlatar belakang penyidik tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan siap dipanggil lagi terkait kasus Harun Masiku pada Juli mendatang. Dia pasti hadir di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

“Ya siap,” kata Hasto kepada wartawan di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu, 30 Juni.

Hasto bilang akan melaksanakan ujian doktoral pada 4 Juli mendatang. Tapi, eks Anggota DPR RI itu siap jika harus dipanggil disela-sela kegiatan akademisnya tersebut.

Sementara soal rencana pemeriksaan Hasto terkait kasus Harun Masiku pada Juli mendatang disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Diketahui, Hasto sudah menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus Harun Masiku pada Senin, 10 Juni. Hanya saja, ia minta penundaan karena tak terima ponsel dan barang pribadi miliknya disita penyidik dari staf yang mendampingi, Kusnadi.

"Kalau enggak salah bulan Juli yang bersangkutan minta dijadwalkan," kata Alex kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 12 Juni.