3 Transportasi ke Candi Borobudur dari Jakarta serta Rute Perjalanannya

YOGYAKARTA - Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi favorit bagi banyak orang untuk berlibur. Tempat wisata yang berada di Kota Magelang, Jawa Tengah, ini tak pernah sepi pengunjung, terlebih saat hari libur dan weekend. 

Wisatawan yang datang ke Candi Borobudur pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia serta turis mancanegara. Termasuk orang-orang dari Jakarta yang ingin menghabiskan waktu liburan keluar dari kepadatan ibukota. Objek wisata ini menjadi pilihan menarik tamasya sekaligus rehat sejenak dari kesibukan sehari-hari. 

Banyak orang berkunjung ke Candi Borobudur untuk melihat langsung bangunan bersejarah yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Candi berbentuk piramida yang ini merupakan kuil Buddha terbesar di dunia. Candi yang dibangun sejak abad ke-8 dan ke-9 M ini juga digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha.

Selain daya tarik wisata sejarah dan suasana yang asri di kompleks Candi Borobudur, para wisatawan dari luar kota juga dapat menikmati wisata alam, kuliner, dan keragaman budaya di Kota Magelang. Lantas apa saja transportasi yang bisa digunakan dari Jakarta menuju Candi Borobudur?

Transportasi ke Borobudur dari Jakarta

Ada berbagai pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Candi Borobudur atau Magelang. Berikut ini beberapa transportasi ke Borobudur bagi Anda yang berangkat dari Jakarta:

Transportasi ke Candi Borobudur dari Jakarta Naik Kereta Api

Salah satu transportasi favorit untuk traveling dari Jakarta ke Candi Borobudur adalah menggunakan kereta api. Para wisatawan dari Provinsi DKI Jakarta bisa berangkat dari Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir. Nantinya Anda tinggal memilih jurusan stasiun yang ada di Yogyakarta, bisa itu St. Tugu atau St. Lempuyangan. 

Setelah tiba di stasiun Jogja, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Magelang menaiki kendaraan umum. Anda bisa mencari shuttle bus atau taksi online dari St. Tugu maupun St. Lempuyangan. Pilihan shuttle bus yang bisa Anda tumpangi ada Joglosemar dan Rama Sakti.

Anda juga bisa naik TransJogja dari halte terdekat dari stasiun. Jika Anda menggunakan taksi online atau TransJogja, Anda perlu berhenti di Terminal Jombor. Setelah itu, carilah bus kecil atau angkutan umum dengan rute perjalanan arah Magelang. Bagi Anda yang naik taksi online, pesanlah perjalanan untuk berhenti di depan pintu masuk Candi Borobudur. 

Transportasi ke Candi Borobudur dari Jakarta Naik Pesawat

Perjalanan dari Jakarta ke Candi Borobudur juga bisa Anda tempuh menggunakan transportasi udara. Anda bisa memilih penerbangan dengan rute dari bandara di Jakarta menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang berlokasi di Kulon Progo, sebelah barat Kota Jogja. 

Apabila sudah sampai di YIA, Anda bisa menumpang shuttle bus untuk melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur. Pilihlah Shuttle Bus Joglo Semar dengan rute Yogyakarta-Magelang. Anda akan diantar sampai ke depan pintu masuk Candi Borobudur tanpa harus transit atau berpindah kendaraan lagi. 

Sebagai alternatif lain jika ingin lebih hemat, Anda bisa naik TransJogja dari halte di depan bandara. Pilihlah TransJogja dengan jurusan Terminal Jombor. Kemudian dari termulan Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau bus kecil ke arah Magelang. 

Transportasi ke Candi Borobudur dari Jakarta Naik Bus

Agenda liburan ke Candi Borobudur juga bisa Anda rencanakan naik bus dari Jakarta. Anda bisa memilih bus yang berjalan ke arah Magelang dari terminal yang berada di dekat tempat Anda. Misalnya lokasi Anda ada di dekat Terminal Kampung Rambutan, naiklah bus Pahala Kencana untuk tujuan Terminal Tidar Magelang. Keberangkatan bus ini dari Jakarta yakni pada jam 15.00. 

Demikianlah beberapa transportasi ke Candi Borobudur dari Jakarta yang bisa Anda pilih. Anda bisa menggunakan transportasi sesuai kebutuhan dan kenyamanan agar perjalanan traveling Anda bisa lancar serta memuaskan. Baca juga 3 transportasi ke Dieng dari Jakarta. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.