Genesis Ungkap Spesifikasi Konsep X Gran Racer VGT Magma, Tenaganya Monster!

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, brand mewah asal Korea Selatan Genesis resmi memperkenalkan divisi Magma. Sub-merek ini difokuskan dalam menghadirkan kendaraan berperforma tinggi yang akan menyaingi Mercedes-AMG dan BMW M.

Salah satu model yang diperkenalkan ialah Genesis X Gran Racer Vision Gran Turismo (VGT) Concept. Sejatinya, mobil ini didesain untuk game Gran Turismo di konsol Playstation. Namun, konsep tersebut juga dipamerkan ke publik melalui ajang Busan International Mobility Show 2024.

Dikutip dari Drive, Senin, 1 Juli, konsep ini terinspirasi dari X Gran Berlinetta Concept yang eksotis. Namun, yang membedakannya ialah X Gran Racer VGT lebih rendah dan lebar serta eksteriornya menampilkan warna oranye Magma ciamik.

Selain itu, mobil ini memiliki desain grill depan trapesium yang menjadi ciri khas dari Genesis ditemani dengan ‘crest lamp’ dua garis yang diambil dari konsep X Trilogy. Ini memperlihatkan dua pita lampu depan sempit memanjang dari depan mobil melewati roda depan dan ke dalam pintu.

Didesain untuk performa, X Gran Racer VGT memiliki splitter depan besar dan winglet karbon tambahan serta intake kap mesin ganda sekaligus membuktikan bahwa konsep ini memiliki mesin berkapasitas besar.

Bagian belakangnya juga memperlihatkan sayap belakang serat karbon berukuran besar dengan ventilasi besar di belakang roda depan serta side skirt lebih tebal. Konsep ini juga menampilkan lampu saling terhubung yang memiliki kemampuan pencahayaan baik.

Menurut pabrikan, sayap tersebut dirancang untuk menunjukkan fungsi sejati dari aerodinamis dengan menambah downforce lebih maksimal ketika melibas tikungan pada kecepatan tinggi.

Bagian kokpitnya dihadirkan dengan tema minimalis dihiasi rollcage untuk memperkuat struktur keselamatan bagi pengemudi. Interiornya dilengkapi dengan trim berlapis serta setir kemudi berbentuk ‘yoke’, menunjukkan sensasi sesungguhnya pada mobil balap.

Berbicara soal jantung pacunya, Genesis mengatakan bahwa model bergaya prototipe ini dibekali dengan mesin Lambda II V6 3,3 liter digabungkan dengan sistem hybrid supercharger elektrik menghasilkan tenaga gabungan hingga 1.148 kW dan torsi 1.425 Nm atau lebih besar daripada Berlinetta yang mencapai 798 kW dan torsi 1.336 Nm.

Selain itu, merek di bawah naungan Hyundai Motor Group ini juga mengembangkan mobil berperforma tinggi lainnya, seperti G70 sedan hingga GV80 berwujud SUV atau Coupe dengan tampilan agresif dibandingkan standarnya.