Bagikan:

JAKARTA - Monterey Car Week adalah salah satu acara otomotif yang paling dinanti di Monterey County, California, Amerika Serikat setiap tahunnya dan tahun ini berlangsung 15-17 Agustus mendatang.

Pada acara ini ada yang spesial dari rumah lelang RM Sotheby's yang akan melelang mobil legendaris Formula 1, McLaren-Mercedes MP4-21 yang pernah dikendarai Juan Pablo Montoya di ajang balap F1 2006.

7

MP4-21 ini memiliki sejarah dan spesifikasi yang istimewa. Tak heran, mobil ini diperkirakan terjual dengan harga fantastis antara 2,8 juta hingga 3,5 juta dolar AS (sekitar Rp45,7 miliar hingga Rp57,2 miliar). 

Diproduksi pada tahun 2006, mobil ini dirancang oleh Adrian Newey, sosok penting di balik kesuksesan McLaren saat itu. Menariknya, MP4-21 menjadi mobil terakhir McLaren-Mercedes yang lahir dari tangan dingin Newey sebelum ia pindah ke Red Bull Racing.

7

Untuk urusan dapur pacu, sebagai mobil Formula 1 jelas MP4-21 dipersenjatai mesin buas Mercedes-Benz FO108S V8 2.4 liter yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 750 dk pada 19.000 rpm! Tak hanya itu, bobotnya yang ringan berkat penggunaan material canggih semakin membuat laju mobil ini kencang.

Pernah Digunakan Montoya di 3 Balapan

5

Mobil dengan nomor sasis #21A-03 pernah dikendarai Montoya di tiga balapan awal F1 2006, yakni Bahrain, Malaysia, dan Australia. Meski sempat memimpin jalannya balapan di Bahrain, Montoya harus puas finis di posisi kelima.

Prestasi terbaiknya bersama MP4-21 diraih di Malaysia dengan finis di posisi keempat. Sayangnya, kiprah mobil ini bersama Montoya harus terhenti lebih cepat akibat masalah kelistrikan di GP Australia.

Setelah pensiun dari dunia F1, MP4-21 ini disimpan dengan baik oleh McLaren. Bahkan, di tahun 2019, McLaren Racing Heritage melakukan restorasi penuh terhadap mobil ini. Dengan begitu, performa mesin, girboks, dan komponen penting lainnya terjaga dengan baik.

Menurut RM Sotheby's, dikutip 1 Juli, MP4-21 ini tak hanya cocok untuk dikoleksi, tapi juga bisa digunakan kembali di ajang pameran atau balap mobil klasik.