Apple Akan Produksi AirPods dengan Kamera Pada Tahun 2026

JAKARTA – Perangkat wearable terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Setelah Meta menambahkan kamera ke dalam kacamata pintar, kini Apple berencana meluncurkan AirPods yang memiliki kamera.

Kabar ini datang dari Analis Ming-Chi Kuo. Melalui platform Medium, Kuo mengatakan bahwa Apple ingin menambahkan modul kamera ke dalam perangkat audio buatannya. Rencananya, AirPods model terbaru ini akan diproduksi pada tahun 2026.

"Apple berencana memproduksi AirPods baru secara massal dengan modul kamera pada tahun 2026, menampilkan kamera IR yang mirip dengan penerima ID Wajah iPhone (bukan pemancar)," ungkap Kuo, dikutip pada Senin, 1 Juni.

Kuo menjelaskan bahwa perangkat ini menggunakan kamera infrared (IR) buatan Foxconn. Perusahaan ini akan memasok 18 hingga 20 juta unit dan 10 juta di antaranya dibuat untuk AirPods. Namun, permintaan aktualnya akan disesuaikan dengan kondisi pasar.

Menurut penjelasan Kuo, Apple sengaja menggunakan Kamera IR karena kemampuannya. Perangkat ini dapat mendeteksi berbagai perubahan di lingkungan sekitarnya sehingga dapat digunakan untuk mengontrol berbagai gerakan di udara.

"(kemampuan ini dapat) meningkatkan interaksi manusia-perangkat. Perlu dicatat bahwa Apple telah mengajukan paten terkait di bidang ini," kata Kuo.

Dengan menggunakan kamera IR, AirPods akan menjadi pendamping dari Vision Pro dan headset model lainnya dari Apple. Perangkat audio ini akan meningkatkan pengalaman audio spasial saat menggunakan teknologi komputer spasial Apple.

"Misalnya, saat pengguna menonton video dengan Vision Pro dan mengenakan AirPods baru ini, jika pengguna menoleh ke arah tertentu, sumber suara di arah tersebut dapat ditekankan untuk meningkatkan pengalaman audio/komputasi spasial," jelas Kuo.

Meski AirPods yang terintegrasi dengan kamera IR ini terdengar cocok dengan Vision Pro, ada kemungkinan perangkat ini dibuat untuk tujuan lain. Tujuan pasti dari penambahan kamera IR pun belum bisa diperkirakan karena belum ada informasi tambahan.