Spanyol Tetap Kuat Sejak Kemenangan 7-1 di Tbilisi, Georgia Mengincar Kejutan Lain

JAKARTA - Saat Spanyol bersiap menghadapi Georgia di babak 16 besar Euro 2024 pada  Minggu, 30 Juni, kenangan pasti akan mengarah pada kemenangan 7-1 yang mereka raih atas lawan yang sama tahun lalu. Kemenangan itu diyakini telah membantu La Furia Roja untuk bangkit dan  bersatu sebagai sebuah tim di tengah kekacauan dalam sepak bola Spanyol.

Menjelang kualifikasi Euro 2024 di Tbilisi, ketika Spanyol baru saja merasakan kekalahan 2-0 dari Skotlandia, manajer Luis de la Fuente harus menjawab pertanyaan seputar skandal yang melibatkan mantan bos federasi sepak bola Luis Rubiales.

De la Fuente mendapat sorotan setelah memberi tepuk tangan kepada Rubiales saat ia mengumumkan tidak akan mengundurkan diri di tengah kontroversi yang dipicu oleh ciuman tak diinginkan kepada pemain Jenni Hermoso setelah kemenangan timnya di Piala Dunia Wanita beberapa minggu sebelumnya.

De la Fuente, yang belum berhasil memenangkan hati penggemar dan pakar setelah hanya melatih skuad muda Spanyol selama lebih dari satu dekade, meminta maaf dan mengatakan bahwa ia berada di bawah tekanan psikologis yang besar.

Dia berusaha mengabaikan gagasan bahwa kehebohan tersebut bisa menjadi gangguan bagi timnya, sementara beberapa pemain kunci membacakan pernyataan yang mengutuk tindakan Rubiales dan meminta media untuk "berfokus pada sepak bola" menjelang pertandingan di Tbilisi.

Alih-alih memecah belah tim, tekanan tersebut tampaknya justru menyatukan mereka. Spanyol unggul 4-0 pada babak pertama melawan Georgia yang terkejut, dengan pemain berusia 16 tahun, Lamine Yamal, masuk dari bangku cadangan untuk menyegel kemenangan 7-1. Yamal  menjadi pemain internasional dan pencetak gol termuda Spanyol.

Penampilan itu adalah yang dibutuhkan sepak bola Spanyol setelah skandal Rubiales dan momen ketika De la Fuente dan para pemain mulai menemukan kecocokan. Itu juga menandai pertama kalinya pelatih menurunkan Yamal dan Nico Williams bersama, yakin ada sesuatu yang besar dengan mengandalkan pemain muda di sayap.

Spanyol memenangkan sisa pertandingan mereka untuk lolos sebagai juara grup ke Euro 2024, dan telah memukau di Jerman dengan tiga kemenangan sempurna dari tiga pertandingan di Grup B yang sulit bersama Italia, Kroasia, dan paket kejutan Albania.

Para pemain Georgia mungkin juga mengingat kekalahan 7-1 tersebut sebagai tolok ukur seberapa jauh mereka telah berkembang. Mereka memenangkan hati para penggemar dengan serangkaian penampilan gigih di babak grup yang termasuk kemenangan mengejutkan atas Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo pada  Rabu, 26 Juni.

Namun, mereka menghadapi ujian besar di Cologne dan harus menemukan cara untuk menghadapi tekanan suffocating dan kecepatan tanpa henti Spanyol, di mana Williams dan Yamal berlari di sayap. Sebelum mereka bisa berpikir untuk memberikan tekanan pada gawang Spanyol, mereka harus mengakali lini tengah di mana Rodri dan Fabian Ruiz memegang kendali dan Pedri menghubungkan seluruh tim.

Semua ini mungkin terlalu banyak untuk ditangani bagi Georgia, tetapi mereka tidak akan menyerah tanpa perlawanan.