Titik Refleksi Kaki untuk Penderita Asam Urat: Berikut Pembahasan Lengkapnya

YOGYAKARTA - Penyakit asam urat jadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh seseorang, sebagian sebab gaya hidup yang kurang baik semacam mengkonsumsi makanan tinggi purin. Yuk pelajari titik refleksi kaki untuk asam urat!

Sementara itu penyakit ini sangat bisa jadi dicegah serta dijaga kadarnya buat kurangi resiko serangan asam urat yang menyakitkan.

Oleh sebab itu, untuk pengidap asam urat, cobalah buat giat memijat beberapa titik pijat asam urat berikut ini supaya menolong meredakan pengkristalan. Berikut ini beberapa titik pijat asam urat yang terdapat di kaki.

Mengenal Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat ataupun diucap pula gout ialah peradangan sendi yang terjadi sebab kandungan asam urat dalam badan sangat tinggi.

Biasanya terjadi pengkristalan pada sendi saat kandungan asam urat ataupun purin sangat tinggi, umumnya terjadi pada sendi pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, serta tangan.

Serangan asam urat dapat terjadi sewaktu-waktu serta sangat menyakitkan, dengan beberapa indikasi lain yang menyertai, yaitu:

  • Kerap terjadi di pagi hari
  • Sendi bengkak
  • Kemerahan
  • Sendi yang bengkak terasa hangat
  • Terasa lunak saat ditekan

Pada dasarnya badan mempunyai kandungan asam urat yang juga mempunyai fungsi di dalam badan, tetapi bakal jadi penyakit asam urat pada saat kadarnya sangat tinggi, sehingga susah dikeluarkan lewat kemih ataupun tinja.

Kandungan yang terlalu tinggi serta menumpuk di sekitar sendi menimbulkan sendi meradang serta keadaan inilah yang dapat menimbulkan serangan yang menyakitkan.

Lakukanlah pengecekan teratur buat mengenali perkembangan kadar asam urat di dalam badan. Tidak lupa dibarengi dengan gaya hidup sehat.

Titik Refleksi Kaki Untuk Asam Urat

Berikut ini merupakan titik-titik refleksi kaki buat asam urat:

  1. Di telapak kaki, tepatnya terletak di tengah kaki. Ini disebut Ginjal 1. Kalian dapat menekan dengan ibu jari ataupun menginjak bola golf.
  2. Penghubung antara tulang pergelangan kaki bagian dalam serta tendon achilles. Ini disebut Ginjal 3.
  3. Lekukan antara tulang pergelangan kaki bagian luar serta tendon achilles. Ini diucap Kandung Kemih 60. Kalian bisa memencet titik-titik ini dengan mencubit di sebelah tendon Achilles.
  4. Ada satu lagi di tulang pergelangan kaki bagian dalam. Ini merupakan bagian di bawah tulang pergelangan kaki bagian dalam. Ini disebut Ginjal 6.
  5. Yang terakhir terletak selebar 4 jari dari tulang pergelangan kaki bagian dalam. Bila diukur dari tulang pergelangan kaki, kalian bakal menemukan titik ini di tulang kering bagian bawah. Ini disebut Limpa 6 ataupun SP 6.

Tekan titik-titik ini selama satu menit sambil menarik nafas dalam-dalam. Juga, apabila kalian tidak mempunyai varises, pijat kaki bagian bawah secara teratur terutama bila terdapat bagian yang nyeri. Ini bakal menolong menurunkan kandungan asam urat.

Tidak hanya dengan jari, kalian dapat memakai rolling pin, bola kecil, tongkat halus, serta sebagainya. Pastikan permukaan tidak licin, tajam, ataupun terlalu kasar buat mencegah kulit dari cedera.

Apakah Pijat Refleksi Buat Asam Urat Aman?

Harap dicatat, perawatan refleksi bakal sangat menyakitkan selama serangan asam urat, namun sangat aman pada saat kaki bisa disentuh dengan nyaman sebelum ataupun setelah serangan asam urat. Saat kalian memegang bagian yang tidak sesuai, selama tidak melampaui batas, tidak bakal memunculkan dampak beresiko untuk badan.

Selain itu ketahui “Kadar Asam Urat Normal Orang Dewasa dan Cara Menjaganya”.

Jadi setelah mengetahui titik refleksi kaki untuk asam urat, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!