Bagikan:

YOGYAKARTA – Asam urat atau ghout merupakan peradangan pada sendi (arthritis) yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Penyakit ini dapat diatasi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri dan penurun asam urat yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, penderita juga dapat mengonsumsi suplementasi vitamin untuk mempercepat penyembuhan. Lantas, penderita asam urat baiknya minum vitamin apa?

Vitamin yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah vitamin C.  Jenis vitamin ini diketahui dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Untuk lebih jelasnya, simak deretan vitamin yang dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit asam urat dalam ulasan berikut ini.

Penderita Asam Urat Sebaiknya Minum Vitamin Apa?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa vitamin yang mungkin diresepkan dokter kepada pasien untuk mempercepat penurunan kadar asam urat yang tinggi.

  1. Vitamin C

Menurut sejumlah penelitian, vitamin C dapat mempercepat proses eleminasi kristal asam urat yang menumpuk di persendian. Tak hanya itu, vitamin ini juga dapat mencegah kekambuhan penyakit asam urat, dikutip dari WebMD.

Vitamin C mempunyai sifat urikosurik, yang bisa memperlambat reabsorbsi asam urat di tubulus ginjal.

Untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam darah, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran seperti jeruk, strawberi, paprika, dan brokoli.

  1. Asam lemak omega-6

Masih dari WebMD, nutrisi populer lainnya yang dapat digunakan untuk membantu mengurangi peradangan dan nyeri adalah asam lemak omega-6, atau khususnya asam gamma-linolenat (GLA).

Asam ini dapat ditemukan dalam minyak seperti minyak biji kismis hitam, evening primrose oil, dan borage oil. Mengonsumsi suplemen primrose merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan asupan GLA Anda.

  1. Vitamin B12

Menyadur laman Verywell Health, vitamin B12 memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh dan mudah ditemukan dalam berbagai makanan hewani dan makanan yang difortifikasi.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa penderita asam urat lebih berisiko mengalami defisiensi vitamin B12.

Untuk itu, penderita gout disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 dan ungkin membutuhkan suplementasi.

  1. Vitamin D

Mengutip Sciencedirect, sejumlah studi menunjukkan bahwa vitamin D dapat menurunkan kadar asam urat serum, pada pasien prediabetes dengan hiperurisemia.

Anda bisa menambah asupan vitamin D dengan mengonsumsi makanan, seperti susu, ikan tertentu, jamur, dan makanan yang difortifikasi.

  1. Asam folat

Asam folat sebenarnya merupakan jenis vitamin B, tepatnya vitamin B9. Vitamin ini bisa menurunkan kadar asam urat sekaligus mencegah serangan asam urat dengan menghambat sintesis purin.

Akan tetapi, studi mengenai efek langsung asam folat pada asam urat masih terbatas, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

Asam folat bisa ditemukan dalam makanan nabati, seperti bayam, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.

Demikian informasi tentang penderita asam urat sebaiknya minum vitamin apa. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.