Bellingham Peringatkan Bahwa Slovakia Akan Menjadi Lawan yang Sulit Bagi Inggris

JAKARTA - Saat para suporter Inggris merayakan hasil undian melawan Slovakia sebagai lawan terakhir mereka di babak 16 besar Euro 2024, gelandang Jude Bellingham memperingatkan bahwa negara-negara kecil tidak bisa dianggap remeh. Bahkan  performa tim-tim kecil lainnya di Jerman adalah contoh yang baik.

Inggris berhasil finis di puncak Grup C namun tersendat dalam tiga pertandingan babak penyisihan grup yang kurang meyakinkan. Kini mereka  akan menghadapi Slovakia, tim peringkat ketiga, pada  Minggu 30 Juni di Gelsenkirchen setelah perlombaan sengit di Grup E di mana semua empat tim berakhir dengan empat poin.

"Banyak orang melihat undian dan melihat Slovakia lalu berpikir ini akan menjadi pertandingan mudah," kata Bellingham kepada siaran "Lions Den" milik Inggris pada Kamis, 27 Juni.

"Namun, hal ini tidaklah demikian karena mereka akan menjadi ancaman yang berbeda dan sulit untuk dibongkar," katanya. "Saya pikir ketika Anda bermain melawan negara-negara yang menyerang lebih banyak, pertandingannya akan lebih terbuka.

"Saya pikir Anda selalu akan menghadapi pertandingan yang sulit di titik ini dalam turnamen ini," tambah Bellingham.

Kemenangan 2-0 Georgia atas Portugal dalam Grup F pada Rabu 26 Juni — sebuah tim yang berada 68 peringkat di atas mereka — adalah contoh terbaik dari sebuah negara yang melampaui ekspektasi di Jerman.

Manajer Georgia, Willy Sagnol, percaya bahwa ada tekanan yang lebih sedikit pada tim underdog.

"Ketika Anda adalah tim kecil, Anda tahu Anda tidak memiliki apa-apa untuk kehilangan," kata pelatih Georgia asalm Prancis tersebut. "Ini sulit ketika Anda adalah Prancis, ketika Anda adalah Inggris, ketika Anda adalah Spanyol, ketika Anda adalah Portugal, karena Anda berada di bawah tekanan, karena orang mengharapkan Anda untuk menang."

"Satu-satunya tanggung jawab yang kami miliki adalah membuat bangsa Georgia bangga akan pemain mereka. Dan saya pikir kami melakukannya dengan cara terbaik," kata Sagnol.

Slovakia sempat mengagetkan Belgia dengan skor 1-0 dalam pertandingan pembuka mereka.

"Tim-tim kurang berprestasi, jika boleh dibilang ... negara-negara kecil, telah membuat kemajuan," kata manajer Slovakia dan mantan penjual kopi Francesco Calzona. "Kami bisa menyulitkan negara-negara yang lebih bergengsi.

"Kami adalah kisah Cinderella dari babak grup," tambahnya.

Sementara Inggris hanya memiliki 10 percobaan tepat sasaran dalam babak penyisihan grup, pertahanan mereka — yang dianggap sebagai titik lemah sebelum turnamen — telah menjadi sumber optimisme menjelang babak gugur. Mereka hanya kebobolan nilai xG (expected goals) paling sedikit dalam babak penyisihan grup.

Terakhir kali Inggris bertemu Slovakia adalah dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 ketika mereka meraih kemenangan 2-1 dan 1-0.

Slovakia memenangkan tujuh dan seri satu serta kalah dua dari sepuluh pertandingan kualifikasi Euro mereka, sementara Inggris yang tidak terkalahkan memenangkan enam dan seri dua dalam grup lima tim.