Pembangunan Memorial Park IKN Ditargetkan Rampung 16 Agustus 2024

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) menargetkan, pembangunan Memorial Park IKN rampung pada 16 Agustus 2024.

Basuki menyebut, progres pekerjaan struktur Memorial Park sudah mencapai 40 persen, pekerjaan patung 61 persen, pekerjaan struktur Bukit Bendera sebesar 50 persen serta progres pekerjaan tiang bendera 50 persen dan pekerjaan fisik Beranda Nusantara mencapai 65 persen.

"(Ini) rampung satu hari sebelum perayaan upacara HUT Republik Indonesia ke-79 yang diselenggarakan secara hybrid di IKN dan Jakarta," ujar Basuki dalam keterangan resminya, Senin, 24 Juni.

Basuki meminta, agar pengindahan Memorial Park untuk segera dikerjakan.

"Saya minta untuk mulai ditanami, jangan tunggu pekerjaan selesai biar kelihatan hidup. Saya minta pertengahan Juli sudah rapi, ambience terlihat mau seperti apa," katanya.

Memorial Park IKN dibangun oleh Nindya Karya-Penta KSO dengan biaya sebesar Rp335 miliar.

Area Memorial Park memiliki luas 2.034 meter persegi, terdiri dari area altar seluas 1.690 meter persegi dan akses tangga seluas 344 meter persegi serta dilengkapi dengan infrastruktur jalan dan lansekap.

"Area terbuka Memorial Park dapat menampung 1.000 orang," ucap dia.

Menurut Basuki, Memorial Park dibangun sebagai bentuk penghormatan pada pahlawan pendiri bangsa yang telah memerdekakan Indonesia.

Pembangunan Memorial Park akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara yang akan menjadi point of view di IKN yang mampu menarik perhatian masyarakat serta para tamu negara yang berkunjung ke IKN.

"Memorial Park ini juga akan melengkapi berbagai fasilitas yang telah dibangun di IKN, termasuk untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2024," tuturnya.

Rencananya, Beranda Nusantara akan digunakan sebagai lokasi upacara HUT RI ke-79 jika hujan turun.

Karena itu, Basuki minta mempercepat penyelesaian Beranda Nusantara.

"Saya minta untuk dipercepat, tambah lagi pekerjanya. Minggu kedua Juli saya harap sudah selesai," imbuhnya.