Tak Hanya Kombinasi Unik, Simak Tips Lain untuk Memperkuat Kata Sandi ala Kaspersky

JAKARTA - Laporan terbaru Kaspersky menemukan bahwa 45 persen atau 87 juta kata sandi dari 193 juta kata sandi yang dianalisis dapat ditebak oleh penipu dalam satu menit. 

Di antara rangkaian kosakata paling populer, beberapa kelompok dapat dibedakan:

  • Nama: "ahmed", "nguyen", "kumar", "kevin", "daniel".
  • Kata-kata populer: "forever", "love", "google", "hacker", "gamer".
  • Kata sandi standar: "password", "qwerty12345", "admin", "12345", "team".

Menurut Head of Digital Footprint Intelligence di Kaspersky Yuliya Novikova, secara tidak sadar banyak orang yang membuat kata sandi dengan kata-kata dari kamus dalam bahasa aslinya, seperti menampilkan nama dan nomor. dll. 

Bahkan kombinasi yang tampaknya kuat sekalipun jarang benar-benar acak, sehingga dapat ditebak dengan algoritma. Oleh karena itu, solusi paling tepat adalah membuat kata sandi yang benar-benar acak menggunakan pengelola kata sandi yang modern dan andal. 

Namun, untuk memperkuat kebijakan kata sandi Anda, gunakan tips sederhana dari Kaspersky berikut ini:

Hampir mustahil untuk mengingat kata sandi yang panjang dan unik untuk semua layanan yang Anda gunakan, namun dengan pengelola kata sandi, Anda hanya dapat mengingat satu kata sandi utama.

Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap layanan. Dengan begitu, meskipun salah satu akun dicuri, akun lainnya tidak akan ikut dicuri.

Frasa sandi mungkin lebih aman bila digunakan kata-kata yang tidak terduga. Meskipun Anda menggunakan kata-kata umum, Anda dapat menyusunnya dalam urutan yang tidak biasa dan memastikan kata-kata tersebut tidak berkaitan. Ada juga layanan online yang akan membantu Anda memeriksa apakah kata sandi cukup kuat.

Sebaiknya jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak dari informasi pribadi Anda, seperti tanggal lahir, nama anggota keluarga, hewan peliharaan, atau nama Anda sendiri. Ini sering kali merupakan tebakan pertama yang akan dicoba oleh penyerang.

Aktifkan otentikasi dua faktor (2FA). Meskipun tidak terkait langsung dengan kekuatan kata sandi, mengaktifkan 2FA menambah lapisan keamanan ekstra. 

Bahkan jika seseorang mengetahui kata sandi Anda, mereka masih memerlukan bentuk verifikasi kedua untuk mengakses akun Anda. Pengelola kata sandi modern menyimpan kunci 2FA dan mengamankannya dengan algoritma enkripsi terbaru.

Jangan lupa untuk menggunakan solusi keamanan yang andal akan meningkatkan perlindungan Anda. Ini memonitor internet dan Dark Web dan memperingatkan jika kata sandi Anda perlu diubah.