Jakarta Jadi Kota Pertama di Asia Tenggara Gabung World Cities Culture Forum 

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengumumkan Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang bergabung dengan World Cities Culture Forum (WCCF). WCCF adalah jaringan global terkemuka yang terdiri dari para pemimpin dari lebih dari 40 kota.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata mengungkapkan, bergabungnya Jakarta pada WCCF bisa menjadi sarana untuk mempromosikan daya tarik pariwisata dan industri kreatif yang berbasis seni, budaya, dan perkembangan teknologi informasi ke tingkat internasional.

"Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu saja Kota Jakarta membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Bergabungnya Jakarta pada WCCF merupakan salah satu upaya untuk menjawab tantangan perkotaan yang semakin kompleks, sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui sektor pariwisata dan budaya," kata Andhika dalam keterangannya, Senin, 24 Juni.

Untuk mendukung hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dengan visi menjadi kota global yang berdaya saing, terlebih menjelang perubahan status Jakarta yang tidak lagi menyandang gelar sebagai Daerah Khusus Ibu Kota.

*Melalui keanggotaan ini diharapkan Jakarta dapat meningkatkan indeks sebagai kota global terutama di sektor pariwisata dan budaya," ucap Andhika.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana menyebut bahwa Jakarta mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi melalui pertukaran ide dan inovasi dengan 40 kota anggota lainnya.

Kota-kota tersebut di antaranya Bengaluru, Buenos Aires, London, New York dan Tokyo. Kolaborasinya berupa menempatkan budaya di jantung kota pertumbuhan dan investasi.

“Dengan bergabungnya Jakarta pada jaringan global terkemuka ini, diharapkan Jakarta dapat mengembangkan strategi kota yang berbasis wisata budaya dan pada akhirnya mampu memperkuat posisi Jakarta sebagai destinasi wisata budaya unggulan yang siap menyambut wisatawan dari seluruh dunia, sehingga semakin meningkatkan daya tarik dan reputasi kota Jakarta sebagai kota global,” jelas Iwan.

World Cities Culture Forum didirikan pada tahun 2012 dengan keyakinan bahwa kota-kota global dapat mencapai kesuksesan lebih banyak dengan bekerja sama dan berbagi ide-ide atau pengalaman.

World Cities Culture Forum didirikan dan dipimpin oleh Justine Simons OBE, Wakil Walikota London Bidang Kebudayaan dan Industri Kreatif. Adapun Walikota London, Sadiq Khan, berperan sebagai Dewan Pelindung (patron).