Kylian Mbappe Hampir Pulih dari Cidera Hidung, Tetapi Kehadirannya Lawan Polandia Belum Pasti

JAKARTA - Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, mengungkapkan bahwa bintang mereka, Kylian Mbappe, masih dalam proses pemulihan dari patah hidungnya. Namun sang pelatih belum pasti apakah penyerangnya itu akan bermain pada pertandingan terakhir fase grup mereka di Piala Eropa, Selasa 25 Juni. Deschamps menegaskan bahwa Mbappe sedang dalam tahap pemulihan yang baik dan proses pembengkakan pada hidungnya mengalami penurunan setiap harinya.

"Kalian akan melihat (apakah dia akan bermain atau tidak), tetapi segalanya berjalan ke arah yang benar, dia sedang pulih dari benturan, memar semakin berkurang setiap hari, dan dia akan mulai terbiasa dengan masker ini. Dia baik-baik saja," ujar Deschamps dalam program televisi Telefoot Prancis.

Setelah bermain imbang 0-0 melawan Belanda di Leipzig pada Jumat lalu, di mana Mbappe tetap di bangku cadangan, media Prancis ramai membahas tentang kurangnya kekuatan serang tim mereka dalam beberapa pertandingan terakhir. Meskipun begitu, Deschamps enggan memberikan petunjuk apakah akan mengganti formasi serangan timnya.

"Saya sudah merencanakan tim yang akan memastikan kualifikasi dan penyelesaian grup terbaik. Kami selalu berharap bisa mendapatkan sedikit pemulihan lagi untuk beberapa pemain. Anda bisa menyimpulkan dari situ apa yang Anda inginkan," kata Deschamps.

Rekan-rekan setim Mbappe, saat konferensi pers pada hari Minggu, mengindikasikan bahwa sang penyerang berusia 25 tahun itu sangat ingin bermain, terutama setelah bermain selama satu jam dalam sesi latihan melawan tim akademi lokal pada  Sabtu, 22 Juni.

"Ketika dia berada di lapangan, dia 100% fokus, dia mulai terbiasa dengan masker dan mencetak gol," kata bek Jonathan Clauss.

"Saya pikir dia ingin bermain di pertandingan berikutnya. Mungkin dia ingin bermain tanpa masker, tetapi dokter tidak memberinya pilihan itu," tambah gelandang Aurelien Tchouameni.

Pertanyaan tentang apakah Mbappe akan dimasukkan ke dalam starting lineup Prancis melawan Polandia masih belum terjawab, dengan Prancis yang sudah pasti melaju ke babak 16 besar setelah mengumpulkan empat poin dari dua pertandingan.