Doa Memakai Pakaian, Saat Melepas, hingga Saat Meletakkannya Disertai Arab, Latin, dan Artinya

YOGYAKARTA – Salah satu amalan sehari-hari yang sangat dianjurkan adalah doa-doa memakai pakaian dan saat hendak melepaskannya. Bacaan tersebut disarankan agar diamalkan oleh umat Muslim untuk memohon kebaikan atas pakaian yang dikenakan dan ditanggalkan.

Doa Memakai Pakaian dan Saat Menanggalkannya

Bacaan memakai pakaian adalah salah satu amalan harian yang hukumnya sunnah, jika dibaca mendapat pahala jika tidak diamalkan tidak mendapat dosa.

  • Doa Memakai Pakaian

Dilansir dari Kumpulan Do’a Sehari-hari yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI, berikut ini dzikir saat memakai baju disertai arab, latin, dan artinya.

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَ خَيْرِ مَا هُوَ لَهُ، وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allahumma innii as'aluka khairii wa khairi ma huwa lahu, wa a'udzu bika min syarrihi wa khairi ma huwa lahu.

Artinya:

"Yaa Allah, aku memohon kepada-Mu dari kebaikan pakaian ini, dan kebaikan sesuatu yang ada di pakaian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan pakaian ini dan sesuatu yang ada dipakaian ini."

Selain bacaan di atas ada pula doa ibadah lain yang bisa dibaca saat mengenakan pakaian yakni sebagai berikut.

الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي كَسَانِي هٰذَا وَ رَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَ لَا قُوَّةَ

Alhamdulillahilladzi kasaanii hadza wa razaqanii min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin.

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan pakaian ini kepadaku dan mengkaruniakannya kepadaku tanpa daya dan kekuatan dariku." (HR. Ibnu as-Sani)

  • Doa Memakai Pakaian Baru

Selain dua anjuran di atas, dalam ajaran Islam diajarkan pula bacaan yang disunnahkan untuk dibaca saat mengenakan pakaian baru yakni sebagai berikut, dilansir dari Kumpulan Doa dalam Alquran & Hadits karya Said Bin Ali Al-Qahthani yang diterjemahkan oleh Mahrus Ali.

اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Allahumma lakal hamdu anta kasawtaniihi. As-aluka min khoirihi wa khoiri maa shuni’a lah, wa a’udzu bika min syarrihi wa syarri maa shuni’a lah

Artinya:

Ya Allah, hanya milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya.

  • Doa Melepaskan Baju

Tidak hanya saat mengenakan, Islam juga mengajarkan bacaan mulia yang disunnahkan untuk dibaca saat melepas baju yakni sebagai berikut.

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ

Bismillâhil ladzî lâilâha illâ huwa

Artinya:

"Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia."

  • Doa Meletakkan Pakaian

Dianjurkan pula untuk membaca bacaan saat ingin meletakkan baju ke dalam almari atau tempat yang tersedia. Bacaannya cukup singkat yakni membaca lafal Basmallah.

بِسْمِ اللهِ

Bismillah

Artinya:

Dengan nama Allah (aku meletakkan baju)”

Itulah informasi terkait doa memakai pakaian, melepas, hingga meletakkannya. Kebaikan tersebut dianjurkan agar menjadi amalan sehari-hari untuk mendapatkan keberkahan, kebaikan, dan keselamatan atas apa yang dikenakan. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.