Ridwan Kamil Jadi Juri Program Urban Planning Dunia Wakili Indonesia

JAKARTA - Eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil dipercaya mewakili Indonesia sebagai juri World Resource Institute (WRI) Ross Center Prize for Cities 2023-2024. Dia akan menilai lima dari ratusan program urban planning atau perencanaan tata ruang kota.

“Ridwan Kamil adalah Gubernur Jawa Barat, Indonesia dengan populasi lebih dari 50 juta orang,” demikian tulis WRI dalam laman resmi yang dikutip Rabu, 19 Juni.

Selain itu, Ridwan Kamil juga punya rekam jejak sebagai arsitek. Sehingga, dia diberi kesempatan memberikan penilaian bersama sejumlah tokoh seperti Stephen Ross yang jadi pemimpin juri, Tatiana Bilbao, Jennifer Semakula Musisi, Harini Nagendra, Sheela Patel, dan Enrique Penalosa.

Ada sekitar 200 program yang diikutsertakan dalam ajang penghargaan itu. Asalnya dari 148 kota dan 62 negara yang dikirimkan sejak 26 Juni-26 September 2023.

Dari ratusan program itu bakal dipilih lima besar yang terbaik dan bakal dipresentasikan di hadapan juri. Adapun semangat WRI Ross Center Prize for Cities untuk menghadirkan transformasi yang berdampak besar sehingga Ridwan merasa terhormat.

“Saya mendapat kehormat menjadi juri yang mewakili Indonesia untuk memilih program urban planning terbaik se-dunia,” ungkapnya.

“Sayangnya, belum ada dari Indonesia. Semoga ke depannya ada,” pungkas eks Wali Kota Bandung tersebut.