Mirip Instagram, TikTok Luncurkan Aplikasi Foto Whee

JAKARTA – Setelah meluncurkan TikTok Notes, platform berbagi foto yang mencantumkan teks informatif, pada April lalu, TikTok kini meluncurkan aplikasi Whee untuk berbagi foto dengan teman terdekat.

Meski fungsinya tidak jauh berbeda, yaitu untuk berbagi foto, Whee hanya bisa diakses di belasan negara, termasuk Indonesia. Ini merupakan kabar yang baik karena TikTok Notes belum tersedia di Indonesia hingga saat ini.

Ditemukan pertama kali oleh Android Police, Whee yang dikembangkan oleh TikTok hampir mirip dengan Instagram. Pengguna bisa mengunggah foto dari galeri atau kamera langsung, bertukar pesan dengan teman, dan mengomentari foto dari pengguna lain.

"Ambil dan bagikan foto kehidupan nyata yang hanya dapat dilihat oleh teman Anda, memungkinkan Anda menjadi diri Anda yang paling autentik,” tulis TikTok di deskripsi aplikasi Whee yang ada di Google Play Store.

Dari tampilan aplikasi yang dibagikan, terlihat bahwa pengguna bisa menambahkan filter ke dalam foto yang mereka bagikan. Namun, tidak dijelaskan apakah fitur ini merupakan filter dasar yang biasa ditemukan atau filter yang lebih variatif seperti di aplikasi TikTok.

Sepertinya, Whee masih menjadi aplikasi uji coba karena TikTok belum memberikan informasi apa pun mengenai aplikasi ini, terlebih lagi Whee baru bisa diakses di perangkat Android. Aplikasi ini juga tidak bisa diakses oleh pengguna Android di AS.

Whee dan TikTok Notes memiliki tampilan aplikasi yang berbeda. Aplikasi Whee memang hampir mirip dengan antarmuka Instagram, tetapi TikTok Notes terlihat hampir mirip dengan Pinterest yang bisa melihat postingan dari berbagai pengguna secara random.