Jangan Minum Kopi setelah Makan Daging, dampaknya Berbahaya bagi Kesehatan

YOGYAKARTA - Minum kopi setelah makan sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Namun sebaiknya jangan langsung minum kopi setelah makan daging. Meneguk kopi sehabis mengonsumsi daging mempunyai risiko berbahaya bagi kesehatan. 

Menyeruput kopi usai makan memang terasa sangat nikmat. Apalagi bagi penggemar kopi yang tidak bisa meninggalkan aktivitas minum kopi. Namun ada beberapa keadaan di mana tidak boleh mengonsumsi kopi setelah makan, yaitu usai menyantap hidangan daging. 

Minuman kopi tidak boleh dikonsumsi bersamaan maupun setelah menikmati daging. Lantas mengapa nggak boleh minum kopi setelah makan daging dan apa dampak buruknya?

Alasan Tidak Boleh Minum Kopi setelah Makan Daging

Kopi sebenarnya merupakan minuman yang memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Namun minuman ini juga dapat memberikan efek negatif jika diminum setelah mengonsumsi makanan tertentu, salah satunya daging. 

Minum kopi langsung usai menyantap daging justru bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Kopi dan daging memiliki kandungan nutrisi yang tidak cocok dipadukan, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan atau jarak waktu dekat. 

Di dalam daging terdapat kandungan zinc. Sementara kopi menyimpan kandungan tannat yang membentuk ikatan dengan beberapa makanan dan mineral. Ikatan ini sangat sulit diurai atau dipecah oleh tubuh. 

Apabila seseorang mengonsumsi kopi setelah makan daging maka bisa membuat tubuh mengeluarkan zinc atau zat besi yang seharusnya diserap tubuh. Kondisi ini nantinya akan menyebabkan tubuh menjadi kekurangan zinc. 

Dampak Buruk Minum Kopi setelah Makan Daging

Ada beberapa efek negatif yang bisa ditimbulkan karena mengonsumsi kopi setelah makan daging. Berikut ini sejumlah bahaya yang bisa terjadi akibat minum kopi langsung usai menyantap daging:

Kekurangan Zat Besi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa konsumsi kopi dan daging secara bersamaan atau dalam waktu dekat bisa mengurangi penyerapan zat besi oleh tubuh. Zat tertentu yang tersimpan di dalam kopi bisa menghambat penyerapan zat besi. 

Ketika seseorang kekurangan zat besi, maka tubuhnya tidak punya cukup zat besi untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang mengikat dan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zinc bisa menyebabkan anemia defisiensi besi, yaitu jenis anemia yang paling umum dialami oleh orang-orang di dunia. 

Kenaikan Gula Darah

Selain zinc pada daging dan tannat pada kopi yang tidak cocok, kombinasi kafein dalam kopi dan lemak dalam daging juga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Penelitian dari University of Guelph menjelaskan bahwa gabungan kafein dan lemak dapat menyebabkan kenaikan gula darah dua kali lipat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lemak jenuh dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk membersihkan gula dari darah.

Merusak Jaringan Usus dan Pankreas

Kopi dapat memicu pankreas untuk menghasilkan insulin. Sementara daging sapi dapat menyebabkan peningkatan insulin secara drastis. Kombinasi ini sangat berbahaya bagi tubuh.

Di dalam usus, daging sapi mengalami proses pencernaan yang cukup lama. Berbeda dengan air kopi yang dicerna lebih cepat. Gabungan ini bisa mengganggu kinerja usus dan pankreas. Kondisi ini akan semakin parah jika kamu memiliki riwayat penyakit diabetes, sehingga akan sulit menurunkan kadar gula darah.

Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi Bersama dengan Kopi

Selain daging, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersama dengan kopi. Berikut ini sejumlah makanan yang tidak disarankan dikonsumsi bersamaan atau setelah minum kopi:

  • Gorengan atau makanan yang terbuat dari tepung.
  • Kacang merah, salon, dan sarden yang dikenal sebagai sumber zinc. 
  • Makanan tinggi kalium seperti brokoli, ikan-ikanan, bayam, keju, dan lainnya. 

Demikianlah ulasan mengapa tidak boleh minum kopi setelah makan daging. Daripada meneguk kopi, sebaiknya Anda minum air putih, es jeruk atau lemon, dan sejumlah minuman lainnya yang bisa menetralisir dari pengaruh kandungan daging. Baca juga jarak minum kopi setelah minum obat

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.