Persaingan Segmen Subkompak SUV di Indonesia: Chery Tiggo 5X vs Honda WR-V, Mana yang Lebih Unggul?

JAKARTA - PT Chery Sales Indonesia (CSI) kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan Tiggo 5X yang akan mengisi segmen subkompak SUV tanah air sekaligus lengkapi pilihan lini kendaraan dengan harga terjangkau.

Di pasar Indonesia,  Tiggo 5X harus menghadapi beberapa model yang telah lama eksis salah satunya Honda WR-V. Mobil ini telah diluncurkan di pasar Indonesia akhir 2022 lalu.

Hal menarik lainnya, kedua kendaraan ini merupakan rakitan lokal atau CKD. Honda WR-V dirakit di pabrik milik PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, Jawa Barat. Sementara, Chery Tiggo 5X diproduksi di pabrik milik rekanannya PT Handal Indonesia Motor (HIM), Bekasi.

Berikut adalah perbandingan keduanya berdasarkan penelusuran VOI, Rabu, 19 Juni:

Dimensi

Berbicara soal ukuran, Chery Tiggo 5X lebih unggul dibandingkan pesaingnya dengan memiliki panjang 4.338 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.645 mm, wheelbase 2.630 mm.

Sementara itu, Honda WR-V memiliki ukuran sedikit lebih kecil dengan panjang 4.060 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.608 mm, dan wheelbase 2.485 mm.

Fitur Keselamatan Canggih

Chery Tiggo 5X dilengkapi oleh serangkaian teknologi keselamatan yang canggih sebagai standar dalam semua variannya, termasuk Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang terdiri dari fungsi Lane Departure, Blind Spot Detection, Rear Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control, Front Collision Warning, Autonomous Emergency Braking, dan Intelligent High-Beam. Selain itu, mobil ini juga miliki sistem 6 airbag.

Sementara itu, Honda WR-V juga dilengkapi fitur keselamatan dari ‘Honda Sensing’ yang tersedia pada tipe RS mencakup fungsi Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Notification System, dan Auto High-Beam. Lebih lanjut, SUV tersebut dilengkapi fitur 4 sampai 6 airbag tergantung pemilihan varian.

Performa Mesin

Dalam hal performa, Honda WR-V memiliki keunggulan dengan mesin 1.500 cc 4-silinder segaris i-VTEC yang memiliki daya mencapai 121 dk dan torsi 145 Nm yang tawarkan transmisi CVT dan manual.

Sedangkan Chery Tiggo 5X memiliki mesin 1.500 cc naturally-aspirated yang memiliki tenaga 112 dk dan torsi 138 Nm dengan transmisi CVT.

Harga

Berbicara soal harga, Chery Tiggo 5X memiliki harga yang lebih terjangkau mulai dari Rp249 juta untuk tipe Classic dan Rp279 juta untuk Champion. Namun bagi 1.000 konsumen pertama, pabrikan memberikan harga spesial yakni Rp239 juta (Classic) dan Rp269 juta (Champion).

Sementara, Honda WR-V terdiri dari berbagai varian dan dibanderol mulai dari Rp274,9 juta untuk tipe E MT hingga tertingginya Rp324,1 juta pada tipe RS with Honda Sensing.

Kesimpulan

Chery Tiggo 5X memiliki keunggulan terutama harga yang lebih terjangkau, teknologi keselamatan canggih dan dimensi lebih luas. Namun bagi pelanggan yang mementingkan performa atau merupakan penggemar setia Honda, maka WR-V bisa menjadi opsi yang dapat dipertimbangkan. Semua kembali ke kebutuhan dan pilihan konsumen.