Portugal vs Republik Ceko: Bintang-Bintang Besar Ditantang Tim Langganan Euro

JAKARTA - Portugal yang penuh bintang akan dipimpin oleh Cristiano Ronaldo saat mereka memulai kampanye Euro 2024 melawan Republik Ceko, pada Selasa 18 Juni atau Rabu dini hari WIB di Red Bull Arena, Leipzig.

Juara 2016 tersebut tampil kurang memuaskan di Euro 2020 dan tersingkir dari Piala Dunia 2022 di tangan tetangga mereka, Maroko.

Sejak itu, mereka menunjuk Roberto Martinez sebagai pelatih dan mencatatkan rekor terbaik dalam kualifikasi, sehingga merasa yakin untuk memulai dengan baik melawan Republik Ceko.

Sementara itu, Republik Ceko, yang selalu hadir secara konsisten di Piala Eropa, finis di posisi kedua dalam kualifikasi di belakang Albania.

Roberto Martinez diperkirakan akan menurunkan Selecao dalam formasi 4-3-3 dengan Rafael Leao dan Joao Felix bersaing untuk memulai di sayap kiri.

Beberapa keputusan lain juga harus dibuat di mana Vitinha, Joao Neves, dan Ruben Neves yang semuanya menjadi opsi untuk bergabung dengan Joao Palhinha dari Fulham dan kapten Manchester United, Bruno Fernandes, di lini tengah.

Bek veteran Pepe, 41, kemungkinan akan mengalahkan Goncalo Inacio di jantung pertahanan. Sementara Raphael Guerreiro akan absen di Euro karena cedera.

Gelandang Ceko, Michal Sadilek, juga dipastikan absen selama turnamen, setelah mengalami cedera kaki saat bersepeda beberapa hari sebelum pertandingan ini.

Tomas Soucek dari West Ham akan hadir di lini tengah dan Patrik Schick diharapkan menjadi penyumbang utama gol untuk tim yang tidak memiliki banyak ancaman di sektor lini depan.

Prakiraan Susunan Pemain

Portugal: Costa; Cancelo, Pepe, Dias, Mendes; Fernandes, Palhinha, J. Neves; B. Silva, Ronaldo, Leao

Republik Ceko: Stanek; Vitik, Holes, Hranac; Coufal, Soucek, Provod, Burak, D. Jurasek; Schick, Chytil