Rumania vs Ukraina: Ujian Perdana Tricolorii

JAKARTA – Rumania akan mengawali fase grup Euro 2024 melawan Ukraina. Pertandingan pertama dari Grup E ini akan berlangsung di Stadion Allianz Arena pada Senin, 17 Juni pukul 20.00 WIB.  

Rumania hadir di Jerman dengan membawa predikat sebagai juara grup di kualifikasi. Sementara itu, Ukraina mendapat tiket ke putaran final turnamen ini setelah harus melewati babak playoff.

Ini kali keenam tampil Rumania di Euro atau yang pertama sejak edisi 2016. Pada penampilan terakhir, mereka finis di posisi terbawah grup dengan hanya satu poin saja dari tiga laga.

Secara historis presentasi kemenangan tim berjuluk Tricolorii ini di putaran final Euro hanya 6 persen. Statistik ini menunjukkan bahwa ada tugas yang begitu sulit untuk menjaga pasukan Edward Iordanescu itu.

Satu-satunya keberhasilan besar mereka dalam 16 laga di Euro adalah mengalahkan Inggris di edisi 2000. Namun, hasil selama setahun terakhir tim ini telah menunjukkan peningkatan yang luar biasa.

Itu termasuk mengalahkan Swiss di laga terakhir kualifikasi untuk memuncaki Grup I tanpa merasakan kekalahan. Dari sepuluh laga, mereka menang enam kali dan imbang empat untuk menambah kepercayaan diri ke Jerman.

Statistik kebobolan mereka selama kualifikasi juga sangat bagus. Mereka hanya kecolongam lima gol dan mampu menggetarkan jala lawan lawan sebanyak 16 kali.

[Lihat juga]

- https://voi.id/olahraga/390356/andalkan-duo-sayap-belia-untuk-lawan-kroasia-ini-kata-pelatih-spanyol

- https://voi.id/olahraga/390361/hadapi-hongaria-xhaka-harap-sukses-leverkusen-menular-ke-timnas-swiss

- https://voi.id/olahraga/390362/penyesuaian-diri-tim-angkat-besi-berangkat-lebih-awal-ke-olimpiade

- https://voi.id/olahraga/390377/angkat-besi-menolak-gagal-pada-kesempatan-ketujuh-tampil-di-olimpiade

- https://voi.id/olahraga/390388/clean-and-jerk-akan-jadi-andalan-rizki-juniansyah-di-olimpiade-2024

[/Lihat juga]

Kemampuan perlindungan ini kembali mereka perlihatkan dalam beberapa laga persahabatan terbaru. Selain kekalahan 2-3 dari Kolombia, Tricolorii hanya kebobolan satu gol dalam tiga laga kontra Irlandia Utara, Bulgaria, dan Liechtenstein.

Rumania bisa percaya diri melewati babak penyisihan di grup yang berisi Belgia, Slovakia, dan Ukraina. Apalagi ada empat tim peringkat tiga terbaik di grup yang dikasih jatah tiket untuk melengkapi babak gugur nanti.

Di sisi lain, ini adalah kali keempat secara beruntun Ukraina tampil di Euro. Meski begitu, di panggung-panggung sebelum tahun ini mereka jarang mendapatkan hasil yang bagus.

Mereka tercatat kalah dalam delapan dari 11 laga dan bahkan gagal mencetak gol dalam enam dari sembilan pertandingan grup. Namun, mereka berhasil mencapai perempatan final tiga tahun lalu.

Perkiraan Formasi

Rumania (4-2-3-1):  Nita; Ratiu, Dragusin, Burca, Bancu; M.Marin, R.Marin; Man, Stanciu, Mihaila; Naga

Ukraina (4-3-3):  Lunin; Konoplya, Zabarnyi, Matviyenko, Zinchenko; Shaparenko, Stepanenko, Sudakov; Tsygankov, Dovbyk, Mudryk