Sita HP Sekjen PDIP, Benarkah KPK Sudah Tahu Lokasi Harun Masiku?

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita telepon genggam atau handphone (HP) milik Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

Penyitaan hp tersebut dilakukan lantaran KPK ingin mencari keberadaan tersangka kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019–2024, Harun Masiku yang buron sejak 2020.

Lantas, apakah KPK telah mengetahui lokasi terkait Harun Masiku?

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto, mengatakan pihaknya belum bisa mengungkap keberadaan Harun Masiku. Menurutnya, tim penyidik masih terus berupaya menganalisis informasi berdasarkan alat bukti yang telah disita.

"Saya tidak bisa membuka real-nya seperti apa. (Tapi) Kita berharap bahwa HM Harun Masiku) dapat segera ditemukan, sehingga tidak banyak lagi polemik yang terjadi di masyarakat saat ini," ujar Tessa kepada wartawan, Sabtu, 15 Juni.

Tessa meminta semua pihak menunggu proses yang sedang berjalan. Dia menegaskan, tim penyidik memiliki strategi khusus untuk mencari Harun Masiku. Namun, hal itu tidak bisa diungkap ke publik.

"Karena ini masih proses penyidikan, kita tidak bisa terlalu banyak buka di grup publik. Kita tunggu saja nanti," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alex Marwata menyebut lokasi Harun Masiku sudah terindikasi diketahui. Ia berharap dalam sepekan ke depan, Harun Masiku sudah tertangkap.

"Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkap. Mudah-mudahan," kata Alex beberapa waktu lalu di Gedung DPR.

Saat ditanya keberadaan Harun Masiku apakah telah diketahui, Alex menyebut sudah terindikasi oleh penyidik.

"Saya pikir sudah (ada indikasi diketahui lokasi Harun Masiku), (oleh) penyidik," tutupnya.