Cara Menghitung SKor UTBK SNBT 2024 untuk Mengikuti Jalur Mandiri Masuk PTN

YOGYAKARTA - Skor nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT 2024 sudah bisa dilihat oleh peserta mulai Kamis (13/6). Peserta juga dapat mencetak sertifikat SNBT untuk melakukan pendaftaran ulang ke peruguran tinggi yang dituju. 

Sementara itu, peserta yang gagal dalam ujian berbasis komputer untuk masuk perguruan tinggi tersebut diharapkan tidak berkecil hati. Peserta yang gagal bisa menggunakan sertifikat SNBT untuk mendaftar di PTN melalui jalur mandiri. Ada beberapa kampus negeri yang menyediakan jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa. 

Peserta bisa mengikuti jalur mandiri ke kampus yang dituju dengan melampirkan syarat nilai UTBK. Lantas bagaimana cara menghitung skor UTBK SNBT 2024 yang perlu dipahami oleh peserta?

Cara Menghitung Skor UTBK SNBT 2024

Dalam sistem UTBK SNBT 2024, terdapat tiga jenis materi tes yang terdiri dari tujuh subtes secara keseluruhan. Berikut ini jenis tes dalam UTBK SNBT beserta jumlah soalnya:

Tes Potensi Skolastik

  • Kemampuan Penalaran Umum (penalaran induktif, deduktif, dan kuantitatif): masing-masing penalaran 10 soal. 
  • Kemampuan Kuantitatif: 15 soal. 
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 20 soal. 
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis: 20 soal.

Tes Literasi

  • Bahasa Indonesia: 30 soal. 
  • Literasi Bahasa Inggris: 20 soal.

Tes Penalaran Matematika

  • Tes Penalaran Matematika: 20 soal.

Cara menghitung rata-rata nilai UTBK SNBT 2024 dilakukan dengan menjumlahkan semua skor UTBK yang tertera dan dibagi 7. Hasil dari perhitungan itulah yang dipakai sebagai nilai rata-rata UTBK 2024 masing-masing peserta. 

Pembobotan Nilai UTBK

Perhitungan skor UTBK untuk kriteria kelulusan SNBT 2024 memiliki pembobotan tertentu pada masing-masing subtes. Pembobotan nilai pada tiap subtes tersebut juga bersifat rahasia. Peserta yang mempunyai keluhan mengenai skor UTBK 2024 bisamenghubungi call center HALO SNPMB di nomor 0804 1 450 450. Petugas akan melayani keluhan dari peserta selama jam kerja, yaitu setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB.

Cara Mengecek Nilai UTBK SNBT 2024

Peserta SNBT bisa melihat hasil skor UTBK mulai 13 Juni-31 Juli 2024 secara online. Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek nilai UTBK SNBT 2024:

  1. Silakan buka laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id 
  2. Kemudian pilih menu "Masuk" yang terletak di pojok kanan atas 
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi yang sudah terdaftar, lalu klik "Sign In" 
  4. Kemudian klik "Pendaftaran UTBK-SNBT", lalu pilih "Sertifikat UTBK" 
  5. Selanjutnya akan ditampilkan halaman sertifikat.

Cara Mengunduh Sertifikat UTBK SNBT 2024

Sertifikat SNBT 2024 bisa diunduh dan digunakan untuk mendaftar jalur mandiri masuk perguruan tinggi negeri. Berikut ini langkah-langkah mengunduh sertifikat UTBK SNBT 2024:

  1. Silakan buka laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id 
  2. Kemudian pilih menu "Masuk" di pojok kanan atas 
  3. Ketik alamat email dan kata sandi yang sudah terdaftar, lalu klik "Sign In" 
  4. Kemudian klik "Pendaftaran UTBK-SNBT", lalu pilih "Sertifikat UTBK" 
  5. Ketika halaman sertifikat muncul, silakan mengunduh file sertifikat dalam bentuk PDF dengan klik "Unduh Sertifikat Hasil" 
  6. Simpan file sertifikat UTBK SNBT 2023.
  7. Peserta juga dapat mengunduh nilai UTBK SNBT 2024 lewat tautan pengumuman hasil seleksi, dengan langkah-langkah berikut ini:
  8. Silakan buka situs pengumuman hasil seleksi SNBT UTBK 2024 di https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/utbk-snbt/pengumuman-snbt/ 
  9. Masukkan 12 digit nomor peserta dan tanggal lahir di kolom yang tersedia 
  10. Kemudian beri centang pernyataan yang menyebut bersedia dibatalkan status penerimaannya jika di kemudian hari ditemukan kecurangan dalam UTBK 
  11. Selanjutnya klik "Lihat Hasil" 
  12. Sertifikat UTBK SNBT akan ditampilkan memenuhi halaman situs. 
  13. Pilih menu "Unduh" untuk mengunduh sertifikat UTBK dan menyimpannya.

Demikianlah cara menghitung skor UTBK SNBT 2024 untuk mendaftar jalur mandiri. Peserta yang belum lolos di seleksi UTBK masih bisa mengikuti seleksi jalur mandiri di perguruan tinggi negeri menggunakan sertifikat SNBT. Baca juga perbedaan SNBP dan SNBT.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.