Capai Box Office, Pemain The Blair Witch Project Hanya Dikasih Parcel Buah!

JAKARTA - Para pemain film original The Blair Witch Project berbicara mengenai ketidak adilan yang mereka terima meski film yang mereka bintangi mendapat kesuksesan. Baru-baru ini, rumah produksi Lionsgate mengumumkan film terbaru The Blair Witch Project, 25 tahun setelah film pertamanya.

Film orisinalnya mendapat status box office ketika dirilis pada tahun 1999. Dengan budget 35 ribu dolar AS, film ini menuai 200 juta dolar AS.

Tiga bintang utamanya yaitu Joshua Leonard, Rei Hance, dan Michael C. Williams mengungkap rasa kecewa dan frustasi mereka terhadap rumah produksi. Mereka mengklaim tidak pernah mendapat apresiasi atau merasakan pencapaian film.

Leonard mengaku tidak tahu kabar reboot ini hingga seorang teman mengirim ucapan selamat. Ia juga tidak pernah mendapat keuntungan dari kesuksesan film, padahal The Blair Witch Project menjadi salah satu film horor sukses pada masanya.

“Saya sangat bangga dengan film punk rock kami, dan saya CINTA penggemar yang terus menyalakan apinya, tapi di titik ini, 25 tahun tanpa apresiasi dari orang yang mengantongi keuntungan kerja kami, rasanya tidak berkelas dan menjijikan,” tulis Joshua Leonard.

Ketiganya hanya menerima buket buah untuk merayakan pencapaian 100 juta dolar AS di bioskop secara lokal.

“Rasanya semakin jelas bahwa kami tidak mendapat apapun. Kami disingkirkan dari sesuatu yang kami lakukan,” kata Rei Hance mengutip Variety.

“Perusahaan besar tidak peduli jika ini terjadi dengan seniman muda. Dan persetan. Itu harus diubah,” kata Michael C. Williams.

The Blair Witch Project memiliki konsep found-footage yang mengisahkan tiga pembuat film yang pergi ke Burkittsville, Maryland untuk menangkap fenomena supranatural. Rumah produksi memutuskan untuk menggunakan nama asli aktor sebagai nama karakter untuk membuat mereka seakan menjadi tokoh asli yang hilang ketika footage-nya ditemukan.

Identitas mereka juga disembunyikan sehingga mereka tidak menghadiri Festival Film Cannes untuk menjaga image bahwa mereka adalah orang biasa yang benar-benar menghilang. Padahal ketiganya mengikuti audisi Backstage untuk film ini.

Leonard juga menjelaskan, Artisan Entertainment melarangnya bergabung dengan proyek film baru untuk menjaga identitasnya bukan sebagai aktor.

Pada tahun 2000, ketiganya menggugat distributor sekuel buku Blair Witch 2 yang menggunakan foto mereka. Mereka mendapat kesepakatan dengan 300 juta dolar AS. Rumah produksi Artisan juga dilarang menggunakan nama dan gambar mereka untuk keuntungan pribadi.

Mereka juga meminta tuntutan pembayaran dari Artisan dan Lionsgate atas bagian kerja dan keuntungan mereka untuk film tersebut. Akan tetapi hingga saat ini pihak rumah produksi belum merespons laporan dan pernyataan ketiganya.