Viral Anak SMP Makan di Restoran Cepat Saji Sambil Ejek Anak Palestina, Sekolah Desak Siswanya Minta Maaf

JAKARTA - Viral di media sosial sekelompok remaja yang tengah makan di restoran cepat saji sambil mengolok anak-anak Palestina yang menjadi korban genosida Israel.

Dalam video yang diunggah di media sosial, sejumlah remaja tersebut menganalogikan daging ayam goreng yang mereka makan sebagai daging anak Palestina dan saos sambalnya sebagai darah anak Palestina.

Terungkap bahwa seorang remaja yang merekam dan mengunggah video di akun Instagram-nya merupakan siswi SMP Negeri 216 Jakarta. Pihak sekolah pun mengklarifikasi hal tersebut.

"Empat orang yang berada dalam video tersebut bukanlah peserta didik SMPN 216 Jakarta. Yang memvideokan dan memposting serta pemilik akun instastory tersebut merupakan salah satu peserta didik kelas 9 SMPN 216 Jakarta, yang juga teman dari mereka," tulis keterangan pihak sekolah, Selasa, 11 Juni.

Setelah mendalami perihal video yang sudah beredar, pihak sekolah turut mengecam perilaku dalam video tersebut.

Kini, Dinas Pendidikan DKI Jakarta mendesak sang siswi yang merekam dan mengunggah video itu untuk meminta maaf secara terbuka.

"Kami mengecam perilaku dalam video tersebut dan sudah memanggil yang bersangkutan dan keluarganya untuk minta maaf," ungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Budi Awaluddin.

Budi mengklaim, Dinas Pendidikan akan menginstruksikan kepada sekolah, termasuk SMPN 216 untuk meningkatkan ajaran dan nilai toleransi kepada siswa-siawanya.

"Kami akan menanamkan dan pembinaan penguatan karakter sisswa kepada seluruh sekolah," jelas Budi.