MSI Claw 8 AI Plus Dipamerkan di Computex 2024

JAKARTA – MSI, produsen komputer asal Taiwan, memamerkan konsol gaming handheld generasi berikutnya di acara Computex 2024. Konsol game yang masih dikembangkan oleh MSI ini diberi nama Claw 8 AI Plus.

Berdasarkan laporan The Verge, Claw 8 AI Plus mendapatkan banyak pembaruan, mulai dari chipset hingga desain badannya. MSI mengganti chip Intel Meteor Lake di generasi sebelumnya menjadi chip Lunar Lake yang masih buatan Intel.

Sementara itu, resolusi layar dari MSI Claw 8 AI Plus telah ditingkatkan menjadi 1080p dengan refresh rate 120Hz. Peningkatan yang paling penting adalah daya tahan baterainya. MSI Claw generasi terbaru ini akan memiliki baterai hingga 80 watt per jam.

Pihak MSI mengatakan kepada The Verge bahwa mereka ingin menyamai daya tahan ASUS ROG Ally X yang diluncurkan belum lama ini. Konsol game terbaru dari ASUS ini sempat diklaim sebagai komputer gaming handheld dengan kapasitas baterai terbesar.

Claw handheld yang belum dirilis ini menggunakan port USB-C dengan kemampuan Thunderbolt 4. Perangkat gaming ini dilengkapi dengan pengisi daya yang bisa dipasang di dinding dan mendapatkan tombol LB serta RB.

MSI belum memberikan informasi yang lebih detail mengenai konsol game buatannya, baik dari kinerja maupun fiturnya. Sejauh ini, MSI hanya mengungkapkan bahwa Intel Lunar Lake memiliki performa yang lebih baik dari Intel Meteor Lake.

Performa GPU di Lunar Lake mengalami peningkatan hingga 50 persen. MSI mengatakan bahwa informasi lainnya mengenai Claw 8 AI Plus akan dibagikan di Computex 2024, tetapi belum banyak informasi yang dibagikan hingga saat ini.