Mengenal Jacqueline Surya, Siswa Berprestasi yang Punya Keinginan Jadi Duta Pendidikan Indonesia

JAKARTA - Seorang siswa SMA yang bersemangat dan penuh prestasi Jacqueline Surya berbagi pengalaman berharga serta tujuan-tujuan luar biasa yang ingin dicapai.

Ia sangat menyukai segala hal yang berkaitan dengan pendidikan dan akademis.

Itulah sebabnya dirinya begitu tertarik dengan dunia public speaking dan menulis.

Jacqueline berhasil membuktikan bakatnya melalui raihan prestasi dalam beberapa kompetisi, seperti menjadi 2nd Runner Up Storytelling ALC Competition 2020 di Sekolah Bogor Raya dan menjadi Winner (Juara 1) dalam Victory Plus Speech Competition.

Namun, prestasi Jacqueline tidak hanya terbatas pada panggung public speaking. Dia juga aktif dalam dunia literasi dan seni. Mendirikan organisasi CareTheReal menjadi bukti konkrit dari komitmen Jacqueline dalam memperluas cakrawala literasi dan seni di kalangan muda.

Salah satu pengalaman menarik yang dibagikan Jacqueline adalah partisipasinya dalam Lomba Simulasi Kebahasaan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Meskipun diadakan secara daring akibat pandemi Covid-19, Jacqueline dan timnya berhasil menunjukkan kinerja yang gemilang dalam menjawab berbagai tantangan yang diberikan, termasuk menebak rumah adat dan gambar pahlawan Indonesia.

"Tentu saja, prestasi-prestasi ini memberikan saya banyak manfaat. Saya menjadi lebih mengenal budaya Indonesia dan pentingnya literasi. Sebelumnya, saya kurang familiar dengan padanan kata dan budaya leluhur kita, tetapi berkat lomba ini, pengetahuan saya semakin bertambah," ucapnya, Minggu, 2 Juni.

Tahun 2024 ini, Jacqueline memiliki tujuan yang sangat ambisius, yakni mengikuti ajang Putera Puteri Pelajar Indonesia.

Dalam konteks ini, dia berencana untuk bergerak keluar dari zona nyaman dan menjadi duta pendidikan bagi Indonesia.

"Saya ingin menantang diri saya sendiri dan menyebarkan advokasi melalui aksi nyata, terutama dalam aspek pendidikan," ujar Jacqueline dengan penuh semangat.

Dengan pesan inspiratif untuk generasi muda, Jacqueline mendorong mereka untuk memulai sekarang dan tidak takut gagal. "Kesempatan tidak datang dua kali. Jika gagal, kita harus bangkit kembali," katanya.

Visi Jacqueline Surya adalah mewujudkan generasi emas Indonesia 2045 yang cerdas dan berdaya saing melalui peningkatan literasi dan pendidikan berkualitas.

Untuk mencapai visi ini, Jacqueline berkomitmen menyediakan akses materi pembelajaran berkualitas dan terjangkau secara digital, melatih generasi muda dalam pemanfaatan teknologi yang bijak dan efektif, serta meningkatkan kompetensi pendidik melalui pelatihan dan workshop inovatif.

Selain itu, ia akan bekerja sama dengan berbagai komunitas untuk memperluas jangkauan program literasi, mempromosikan budaya membaca di kalangan anak-anak dan remaja, dan memastikan kesetaraan dalam akses pendidikan bagi semua anak Indonesia tanpa diskriminasi.

Dengan ini, Jacqueline mendirikan organisasi CareTheReal yang bergerak dalam bidang pendidikan dan literasi. Di organisasi Jacqueline berjuang bersama teman-temannya yakni Desak Gede Shriveda Puspadeani (Vian), Chelsea Izza Raisha, dan Jannina Raisa Dzakwan.

Sepulang sekolah, Jacqueline pergi ke Desa Babakan Madang, Bogor, untuk mengajar bahasa Inggris dan membaca bersama.

Ini adalah program kerja nyata Jacqueline untuk Indonesia Emas 2045 sebagai Puteri Pelajar Jawa Barat 2024, yang akan berkompetisi Juni mendatang di ajang Puteri Pelajar Indonesia.