Keith Gill ‘Roaring Kitty’ Kena Masalah Gara-gara Dituding Manipulasi Saham GameStop

JAKARTA - Keith Gill, yang lebih dikenal dengan julukan ‘Roaring Kitty’ dalam arena perdagangan saham meme, kini berada di ambang pemblokiran akunnya oleh E*Trade, sebuah broker milik Morgan Stanley. Langkah ini dipertimbangkan setelah Gill melakukan investasi besar pada saham dan opsi panggilan GameStop, yang memicu kekhawatiran akan manipulasi pasar.

Dilaporkan oleh Wall Street Journal, dikutip dari CoinGape, Keith Gill, atau “DeepFuckingValue” di Reddit, memposting tangkapan layar yang menunjukkan investasi besar-besaran di GameStop. Tangkapan layar tersebut menunjukkan bahwa Gill mengendalikan 5 juta saham GameStop dan memegang 120.000 opsi panggilan dengan harga strike 20 dolar AS (sekitar Rp38,9 miliar) yang akan kadaluarsa pada 21Juni.

Baca juga:

Opsi tersebut dilaporkan dibeli seharga sekitar 5,68 dolar AS (sekitar Rp92.101) per opsi. Pengumuman ini memicu lonjakan harga saham GameStop, yang naik sekitar 30% pada awal perdagangan hari Senin.

Tim kejahatan keuangan global dan kepatuhan Morgan Stanley, serta penasihat luar mereka, sedang mengawasi perilaku akun Gill dengan cermat. Meski belum ada keputusan yang dibuat, broker tersebut sedang mempertimbangkan untuk menutup akun Gill. E*Trade tidak memberikan pernyataan publik, dengan alasan kebijakan perusahaan yang tidak mengungkapkan informasi tentang klien tertentu.

Kegiatan terbaru Gill telah membangkitkan kembali hype perdagangan saham meme, yang sebelumnya mencapai puncaknya pada tahun 2021. Keterlibatannya dalam skandal perdagangan GameStop saat itu menyebabkan sidang kongres dan berbagai gugatan class-action.