PwC Akan Menjadi Pelanggan Terbesar Produk Enterprise OpenAI

JAKARTA - PwC (PricewaterhouseCoopers) akan menjadi pelanggan terbesar dan reseller pertama dari produk enterprise OpenAI sebagai bagian dari kesepakatan baru. Hal ini diumumkan oleh raksasa akuntansi tersebut pada Rabu, 29 Mei. Kesepakatan  ini terjadi saat bisnis-bisnis berlomba-lomba untuk mengadopsi dan memanfaatkan kecerdasan buatan generatif.

PwC akan meluncurkan ChatGPT Enterprise, versi dari chatbot startup kecerdasan buatan yang didukung oleh Microsoft, yang ditujukan untuk perusahaan-perusahaan besar.

Perusahaan ini akan menyediakan ChatGPT Enterprise kepada 75.000 karyawan di AS dan 26.000 karyawan di Inggris, sesuai laporan Wall Street Journal.

"PwC sedang aktif terlibat dalam genAI dengan lebih dari 95% akun klien konsultasi di Inggris dan AS, selain juga membahas penggunaan dan implikasi kecerdasan buatan dengan banyak klien audit kami," kata PwC.

Namun, perusahaan tidak mengungkapkan detail finansial dari kesepakatan tersebut atau detail mengenai rencana mereka untuk menjual kembali produk kecerdasan buatan tersebut. OpenAI juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari media.

PwC mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan GPT kustom untuk membantu karyawannya dengan tugas-tugas seperti meninjau pengembalian pajak dan pembuatan dashboard dan laporan.

Kesepakatan dengan OpenAI dibangun atas rencana yang sebelumnya diumumkan oleh PwC untuk menginvestasikan  1 miliar dolar AS (Rp16,1 triliun) dalam teknologi kecerdasan buatan yang generatif, kata perusahaan tersebut.

OpenAI selama ini telah berupaya menambah pelanggan-pelanggan enterprise di luar Microsoft.

Pada bulan April bahwa CEO OpenAI, Sam Altman, mengundang ratusan eksekutif perusahaan Fortune 500 di San Francisco, New York, dan London, di mana dia dan para eksekutif lainnya memperkenalkan layanan kecerdasan buatan untuk penggunaan korporat, berkompetisi langsung dalam beberapa kasus dengan Microsoft.

Pemilik Wall Street Journal, News Corp, telah memasuki perjanjian konten dengan OpenAI pada bulan Mei sebelumnya.