Volkswagen ID Buzz Kini Punya Camper Van Kustom: eVentje!

JAKARTA - Menjamurnya produk aftermarket camper van untuk ID Buzz cukup banyak akibat tertundanya kehadiran California edition. Salah satunya disediakan bengkel modifikasi Ventje, yang berbasis di Belanda.

Ventje menghadirkan Volkswagen ID Buzz dengan versi camper van kustom yang cerdas dan menawan bernama eVentje. Kabar terbarunya, eVentje sudah mulai dijual umum di Eropa!

Meski bisa menampung empat orang untuk tidur, eVentje hanya legal untuk dikendarai dengan dua orang di jalan raya Eropa. Versi yang dimodifikasi ini dibangun berdasarkan ID Buzz dengan wheelbase reguler, bukan versi wheelbase panjang yang akan hadir di Eropa dan Amerika Serikat.

Melansir The Verge, 29 Mei, eVentje adalah contoh di mana hasil akhir bisa melebihi kualitas komponen penyusunnya. ID Buzz memang sudah memukau di jalanan, kini pesona tersebut berlanjut saat membuka pintu dan melihat interior eVentje yang cerdas dan bisa disesuaikan.

Desain keseluruhan eVentje masih menggunakan lebih dari 100 magnet untuk menjaga permukaan kayu tetap rapi dan terkunci. Dapur yang bisa diakses dari dalam dan luar, tenda pop-up, serta interior multifungsi yang bisa diubah dari ruang bersantai menjadi tempat tidur hingga set furnitur luar yang mewah dalam hitungan menit - semuanya masih ada.

Peningkatan terlihat pada bagian dapur yang kini lebih fleksibel - tantangan utama di ruang sempit - dan penggunaan penyimpanan yang lebih cerdas. Ventje kini menggunakan dua kompor induksi berkat penambahan inverter 2200W dan baterai 2160Wh yang diisi ulang dari baterai mobil VW, panel surya 350 watt, dan colokan listrik eksternal mini di bagian belakang bawah van.

Untuk melengkapi gaya hidup vanlife, Ventje menyediakan delapan colokan USB (4x USB-A, 4x USB-C), colokan listrik 12V, 3 tempat pengisian daya nirkabel, dan 3 colokan AC 230V. Pilihan pencahayaan pun bertambah, termasuk lampu strip LED yang bisa diredupkan dan sunroof yang bisa ditutup di tenda pop-up.

Sayangnya, software VW yang kurang intuitif masih menjadi gangguan meski pengalaman berkendara tetap senyap bahkan dengan semua kustomisasi Ventje. Idealnya, VW bisa menghadirkan mode camping pada ID Buzz seperti yang sudah ada di seri California mereka. Fitur ini akan memudahkan pengaturan suhu kabin ID Buzz saat parkir dan mematikan alarm gerakan secara otomatis saat semua pintu dikunci di malam hari.

eVentje, sama seperti ID Buzz, bukanlah produk yang murah. Di Eropa, ia akan segera bersaing dengan camper van PHEV "T7" California baru dari VW yang akan mulai dijual pada bulan Juni dengan harga yang kemungkinan tidak jauh berbeda. 

eVentje ID Buzz yang dimodifikasi ini dibanderol mulai dari 95.000 euro (sekitar Rp1,66 miliar) di Eropa. Sementara pengerjaan modifikasinya butuh 9 bulan dihitung dari waktu pemesanan. Selain Uni Eropa, Ventje juga berencana untuk merambah pasar Inggris dan Amerika Serikat.