Hadirkan Lebih Banyak Fitur, One UI 6.1 Akhirnya Diluncurkan di Samsung Galaxy A53

JAKARTA – Samsung mulai meluncurkan One UI 6.1, perangkat lunak berupa antarmuka terbaru, ke Galaxy A53. Pembaruan ini baru ditambahkan ke ponsel yang tersedia di Eropa sehingga negara lainnya harus menunggu.

One UI 6.1 tidak akan membawa Galaxy AI seperti pembaruan di ponsel dengan kelas flagship. Namun, menurut akun Tarun Vats di platform X, mengutip dari Android Police, user interface (UI) terbaru ini akan menghadirkan fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI).

Fitur terbaru yang akan ditambahkan ke Galaxy A53 dapat membantu pengguna dalam mencari foto secara cepat di galeri. Fitur ini sangat berguna bagi orang yang gemar mengambil foto atau merekam video di berbagai situasi dan kondisi.

Selain itu, One UI 6.1 akan menghadirkan penyesuaian baru di beberapa aplikasi dan fitur bawaan, mulai dari layar kunci, alarm, kalender, pengingat, dan masih banyak lagi. Pembaruan One UI 6.1 juga akan meningkatkan keamanan perangkat.

Sebelum memperbarui Galaxy A53 Anda ke One UI 6.1, pastikan bahwa perangkat Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Pasalnya, pembaruan perangkat lunak ini akan mengunduh file pembaruan sebesar 2217,63 MB.

File yang nantinya diunduh akan membawa perangkat Anda ke build A536BXXU9EXDC/A536BOXM9EXDC/A536BXXU9EXDC. Selain itu, perangkat Anda juga akan menerapkan patch keamanan dari bulan April secara otomatis.

Setelah diluncurkan di Eropa, fitur ini seharusnya tersedia secara global dalam beberapa hari mendatang. Anda perlu halaman pembaruannya secara berkala dengan membuka Pengaturan, lalu buka Unduh dan Instal di dalam menu Pembaruan Perangkat Lunak.