Wasit Bersiap Menghadapi EURO 2024 dengan Lokakarya Dua Hari di Frankfurt

JAKARTA - Wasit yang terpilih untuk bertugas di UEFA EURO 2024 kini siap untuk beraksi setelah mengikuti lokakarya intensif selama dua hari di Frankfurt. Acara ini mempertemukan 19 wasit terpilih beserta asisten mereka, VAR, dan pejabat pendukung lainnya untuk pengarahan mendalam sebulan sebelum turnamen yang berlangsung dari 14 Juni hingga 14 Juli.

Lokakarya ini merupakan pertemuan pertama dari semua 89 pejabat EURO 2024, memberikan kesempatan sempurna bagi mereka untuk mengenal basis kamp turnamen mereka, sebuah kompleks hotel di luar Frankfurt. Lokasi ini dipilih karena posisinya yang strategis, memungkinkan perjalanan mudah ke sepuluh tempat pertandingan di seluruh Jerman.

Grup ini, yang juga mencakup tim pejabat dari Argentina sebagai hasil dari kolaborasi UEFA dengan CONMEBOL, akan menghabiskan lebih dari satu bulan bersama mempersiapkan 51 pertandingan yang akan datang.

Persiapan dan Semangat Tinggi

Roberto Rosetti, Direktur Pelaksana Wasit UEFA, menyampaikan sambutan hangat dan penuh semangat kepada para pejabat. "Selamat datang di Jerman dan selamat atas pencapaian ini. Anda berada di salah satu turnamen terbaik di dunia, jadi nikmati momen-momen ini. Mereka adalah momen terpenting dan terindah dalam hidup Anda. Saya yakin ini adalah daftar wasit terbaik yang pernah ada untuk turnamen sepak bola. Kami sangat bangga dengan nama-nama dalam daftar ini dan Anda juga harus bangga berada di sini," kata Rosetti, seperti dikutip VOI dari situs UEFA.

"Saya sangat senang terpilih untuk EURO 2024. Ini adalah pencapaian besar dan salah satu tujuan pribadi saya, tetapi saya juga menyadari bahwa ini adalah tanggung jawab besar dan bagian tersulit masih akan datang. Lokakarya ini adalah cara terbaik untuk mempersiapkan diri, semua di sini bersama untuk menerima pesan yang sama dalam lingkungan yang fokus dan bersahabat," ungkap François Letexier, salah satu wasit yang terpilih untuk EURO 2024, menambahkan.

Perlindungan Citra Permainan

Salah satu poin utama dalam agenda lokakarya adalah bagaimana wasit harus mengelola perilaku pemain dan pelatih selama pertandingan. Rosetti mempublikasikan surat terbuka awal pekan ini yang menekankan pentingnya bekerja sama dengan tim untuk mempresentasikan citra positif dan memberikan contoh yang baik bagi pemain muda dan penggemar.

"Kami berbicara tentang citra permainan. Pemain dan pelatih harus menghormati pekerjaan kami, dan jika mereka tidak melakukannya, kami akan mengambil tindakan," tegas Rosetti.

Untuk mendorong rasa hormat dan fair play, UEFA telah mengeluarkan arahan baru untuk EURO 2024, di mana wasit akan berbicara langsung dengan kapten tim untuk menjelaskan keputusan penting di lapangan. Arahan ini akan dibahas secara rinci dengan masing-masing dari 24 tim yang berpartisipasi di kamp mereka sebelum turnamen.

Kebugaran Tingkat Elit 

Tidak hanya pemain yang perlu berada dalam kondisi puncak untuk EURO 2024. Pejabat pertandingan juga harus siap beraksi di level tertinggi, siap untuk berlari hingga 13 kilometer per pertandingan dengan intensitas tinggi sambil membuat keputusan dalam hitungan detik.

UEFA memantau kebugaran pejabat pertandingan sepanjang musim, menyediakan program pelatihan khusus dan pengujian untuk memastikan kinerja optimal. Di Frankfurt, mereka diuji oleh pelatih kebugaran khusus dengan serangkaian latihan untuk menjaga mereka tetap tajam menjelang turnamen.

"Wasit dan asisten wasit tidak punya pilihan. Anda harus bebas dari cedera, segar dan bugar saat datang ke turnamen. Kualitas pelatihan sangat tinggi dan kami sangat yakin bahwa Anda melakukan pekerjaan yang baik," kata Werner Helsen, pelatih kebugaran wasit UEFA.

VAR di UEFA EURO 2024

Rosetti dan tim wasit UEFA mempresentasikan berbagai situasi pertandingan kepada pejabat, mendiskusikan kapan intervensi harus dilakukan. Pendekatan UEFA selama turnamen akan mencerminkan yang ada di kompetisi klub, dengan prinsip "interferensi minimal untuk manfaat maksimal". VAR tidak akan membatalkan keputusan wasit di lapangan kecuali ada bukti kesalahan yang jelas dan nyata, di mana keputusan akhir selalu dibuat oleh wasit.

Dengan dorongan dan keyakinan dari para pemimpin wasit UEFA yang masih terngiang di telinga mereka, para pejabat pertandingan kini kembali ke rumah untuk menyelesaikan musim domestik mereka, sebelum berkumpul kembali di Jerman pada awal Juni. Hitungan mundur menuju EURO 2024 kini benar-benar dimulai!