Google Perkenalkan LearnLM, Serangkaian Model AI Generatif untuk Kegiatan Belajar

JAKARTA - Google memperkenalkan LearnLM, serangkaian model AI generatif baru Google yang dikembangkan berdasarkan Gemini dan khusus didesain untuk kegiatan  pembelajaran.

Dengan didasarkan pada riset edukasional dan disesuaikan menurut cara manusia belajar, LearnLM adalah hasil dari upaya tim Google DeepMind, Google Research, dan tim produk untuk membantu menjadikan pengalaman belajar lebih menarik, personal, dan berguna. 

Dikembangkan melalui kerja sama dengan para pendidik, pakar pembelajaran, dan komunitas teknologi AI lainnya untuk memaksimalkan dampak positif dan potensinya secara bertanggung jawab.

Kumpulan model AI ini diharapkan bisa:

  • Mendorong pembelajaran secara aktif: Membiarkan siswa berlatih dalam level kesulitan yang normal dengan memberikan masukan pada saat yang tepat.
  • Mengelola beban kognitif: Menyajikan informasi yang relevan dan tersusun dengan baik dalam berbagai modalitas
  • Beradaptasi dengan siswa: Secara dinamis menyesuaikan terhadap sasaran dan kebutuhan dengan bertumpu pada materi yang relevan
  • Menstimulasi rasa ingin tahu: Mendorong interaksi untuk memberikan motivasi selama proses belajar
  • Memperdalam metakognisi: Membuat rencana, memantau, dan membantu siswa mengevaluasi progres mereka.

“Dengan LearnLM, kami meningkatkan kualifikasi pengalaman belajar dalam produk-produk yang sudah Anda gunakan, seperti Google Search, YouTube, dan Gemini Chat, agar produk-produk tersebut dapat membantu memperdalam pemahaman Anda,” kata SVP, Learning & Education Google, Ben Gomes.

Google juga menerapkan LearnLM untuk mendasari dan mendukung pengalaman AI generatif yang dibuat bagi sekolah, melalui sebuah program uji coba baru di Google Classroom.

Fitur-fitur ini diharapkan bisa membantu pengajar menemukan ide baru dan aktivitas unik, mendapatkan materi yang menarik, serta menyesuaikan pelajaran dan konten mereka dengan masing-masing pelajar, di mana pun mereka berada.