Cerebras Systems Pasok Superkomputer ke Aleph Alpha untuk Kembangkan AI bagi Angkatan Bersenjata Jerman

JAKARTA - Perusahaan Silicon Valley, Cerebras Systems, pada  Rabu 15 Mei, mengumumkan bahwa mereka akan memasok sistem superkomputer kepada Aleph Alpha, sebuah startup teknologi Jerman yang akan menggunakannya untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI) bagi Angkatan Bersenjata Jerman.

Cerebras telah menciptakan sistem komputasi yang bertujuan untuk menyaingi Nvidia dalam melatih sistem AI dengan jumlah data yang sangat besar. Sebelumnya, perusahaan ini telah memenangkan kontrak untuk memasok G42, perusahaan yang didukung pemerintah di Uni Emirat Arab, dengan superkomputer AI, meskipun mesin-mesin tersebut akan ditempatkan secara fisik di Amerika Serikat.

Sebaliknya, kesepakatan dengan Aleph Alpha, yang dianggap sebagai salah satu pesaing terdepan di Eropa terhadap perusahaan AS seperti OpenAI, akan melibatkan pengiriman superkomputer Cerebras ke pusat data aman di Jerman. Ini adalah pertama kalinya sistem Cerebras dipasang di Eropa.

"Angkatan Bersenjata Jerman adalah pelanggan tingkat atas, dan Aleph Alpha adalah salah satu pemimpin AI," kata CEO Cerebras, Andrew Feldman, dikutip VOI dari Reuters. "Kompetisinya sangat ketat."

Kedua perusahaan tidak mengungkapkan nilai kesepakatan tersebut tetapi menyebutnya sebagai perjanjian multi-tahun di mana Cerebras akan membantu Aleph Alpha melatih model AI generatif untuk Angkatan Bersenjata Jerman.

"Seperti kebanyakan perusahaan, angkatan bersenjata mencari AI kelas dunia," kata Feldman. "Mereka ingin melatih model untuk bahasa, visi, dan model multi-tipe data."