IBM Akan Mempekerjakan Hingga 800 Orang  di Irlandia untuk Kembangkan Perangkat Lunak AI

JAKARTA - IBM  berencana untuk merekrut hingga 800 orang lagi di Irlandia untuk membantu membangun perangkat lunak canggih yang didukung oleh teknologi AI. Ini merupakan  pengumuman pekerjaan terbesar di sektor multinasional negara itu tahun ini seperti dikatakan  badan investasi negara IDA Irlandia pada  Kamis, 16 Mei.

Penyedia layanan perangkat lunak dan konsultasi IT dari AS, yang merupakan salah satu pemberi kerja multinasional terbesar di Irlandia dengan 3.000 staf, akan menambah peran dalam penelitian dan pengembangan, penjualan digital, dan konsultasi.

Irlandia sangat bergantung pada perusahaan multinasional asing, yang hampir menggandakan jumlah tenaga kerja mereka dalam dekade terakhir hingga mencapai sekitar 11% dari seluruh pasar tenaga kerja.

Namun, pekerjaan di perusahaan multinasional turun sebesar 0,3% tahun lalu, yang menjadi penurunan tahunan pertama sejak 2009 karena pemutusan hubungan kerja di sektor teknologi mengimbangi pertumbuhan pekerjaan di setiap kategori lainnya.

"Ini akan memberikan peningkatan nyata dalam ekosistem teknologi Irlandia dengan memajukan kemampuan di bidang pertumbuhan utama untuk IDA Irlandia seperti cloud, AI, kuantum, dan keamanan siber," kata kepala eksekutif IDA Irlandia, Michael Lohan, dalam sebuah pernyataan.