6 Tugas Bridesmaid di Pernikahan, Bukan Cuma Jadi Pagar Ayu

YOGYAKARTA - Dalam pernikahan biasanya ada bridesmaid sebagai pengiring pengantin atau mempelai wanita. Banyak orang mengira bahwa bridesmaid sama dengan pagar ayu, namun keduanya memiliki fungsi berbeda. Lantas apa saja tugas bridesmaid di pernikahan?

Menjadi seorang bridesmaid merupakan kesempatan berharga dan kehormatan tersendiri. Bridesmaid biasanya terdiri dari beberapa orang yang bisa dipilih dari sahabat atau keluarga mempelai wanita. Pengantin wanita biasanya akan meminta orang-orang terdekat atau berkesan dalam hidupnya untuk menjadi rombonga bridesmaid. 

Masih banyak yang menganggap bridesmaid hanya tampil cantik untuk mendampingi pengantin saat acara pernikahan. Padahal bridesmaid memilki peran penting dalam membantu mempelai wanita melakukan persiapan sejak sebelum hari H. Ada beberapa tugas bridesmaid di pernikahan yang perlu Anda tahu.

Tugas Bridesmaid di Pernikahan

Seorang bridesmaid tidak hanya berperan sebatas mendampingi pengantin wanita saat menuju pelaminan. Bridesmaid juga membantu dalam persiapan perniikaha bagi mempelai wanita, serta memberi dukungan dan mengikuti setiap momen berharga di rangkaian acara pernikahan. 

Berikut ini beberapa tugas bridesmaid yang perlu Anda tahu sebelum menjalani pernikahan atau merayakan hari istimewa bagi sahabat:

Membantu Memilihkan Gaun Pengantin

Sebagai bridesmaid, kamu juga punya tugas membantu pengantin memilih gaun yang sesuai untuk para pengiring pengantin. Meski terlihat sepele, proses menentukan gaun pesta ini terbilang sedikit ribet. Oleh karena itu, bridesmaid  harus membantu agar calon pengantin tidak perlu kerepotan memikirkan persiapan ini. 

Dalam memilih gaun pengantin, bridesmaid bisa menanyakan keinginan calon pengantin maupun memberikan saran kepadanya. Kamu akan membantu mempertimbangkan beberapa aspek, seperti warna, mode atau desain, ukuran, dan lainnya. 

Merencanakan Pesta Bridal Shower

Tugas bridesmaid lainnya termasuk merencanakan bridal shower. Kamu dapat mengundang beberapa sahabat untuk merayakan acara ini sebelum hari pernikahan dan memberikan kejutan bagi pengantin.

Apa pun kegiatan yang kamu pilih untuk pengantin, pastikan itu menyenangkan dan berkesan. Biasanya pesta bridal shower dihadiri oleh sahabat-sahabat wanita, terutama yang terpilih sebagai bridesmaid.

Membantu Pengantin agar Tampak Menarik

Para bridesmaid juga harus membantu pengantin agar tetap terlihat dan merasa baik sepanjang hari pernikahan. Kamu perlu membantu calon pengantin dalam memilih dan mengenakan riasan, aksesori, dan perhiasan yang tepat. Selain itu, kamu juga dapat mengarahkan langkah-langkah perawatan tubuh seperti treatment rambut, kuku, dan kulit.

Menyusun Daftar Tamu

Para bridesmaid biasanya juga diminta untuk membantu menyusun daftar tamu dan mengurus pengiriman undangan. Kamu bisa membantu pengantin dalam memilih dan mendesain undangan yang sesuai dengan tema dan anggaran pernikahan. Selain itu, kamu juga harus ikut memastikan undangan dikirim dan diterima oleh para tamu.

Membantu Pengantin Menghadapi Stres

Tugas bridesmaid lainnya yang tak kalah penting adalah hadir memberi dukungan bagi calon pengantin. Sahabat atau kerabat yang menjadi bridesmaid harus membantu mempelai wanita mengatasi stres dan kecemasan menjelang pernikahan. 

Seorang bridesmaid bisa memberikan saran positif dan motivasi agar calon pengantin punya mood bagus dan bersemangat. Selain itu, Anda juga perlu membantu mempelai dalam mengelola emosi agar tidak mudah cemas dan stres. 

Menuju hari H pernikahan, banyak pengantin merasa gugup dan khawatir entah karena deg-degan atau takut acara tidak berjalan sesuai rencana. Di sinilah peran penting bridesmaid, membantu menjaga perasaan tenang pengantin dan memberi dukungan penuh.

Menjadi Perwakilan dari Pengantin Wanita

Ketika terpilih menjadi bridesmaid, Anda juga berperan sebagai perwakilan pengantin wanita. Secara tidak langsung Anda juga harus membantu dalam mengurus berbagai keperluan pernikahan demi meringankan beban mempelai wanita. 

Anda bisa berbagai tugas dengan para bridesmaid untuk menjadi penghubung antara vendor dan calon pengantin. Jika ada masalah mendadak, Anda dapat segera mengatasinya atau berdiskusi dengan tenang dengan calon pengantin. 

Demikianlah beberapa tugas bridesmaid dalam pernikahan yang perlu Anda tahu. Seorang bridesmaid tidak hanya berperan sebagai pengiring di pelaminan, namun juga membantu persiapan dan mendukung mempelai wanita sebelum maupun dalam rangkaian acara pernikahan. Baca juga tips mempersiapkan pernikahan di luar negeri

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.