Apple Akhirnya Luncurkan Fitur Kesehatan Baterai di iPad

JAKARTA – Tak semua perangkat Apple memiliki fitur Kesehatan Baterai. Selama bertahun-tahun, fitur tersebut hanya tersedia di iPhone, tetapi kini tidak lagi karena Apple sudah meluncurkan fitur tersebut di iPad terbaru.

Mengutip dari laporan MacRumors, menu Kesehatan Baterai sudah bisa ditemukan di dalam Pengaturan. Di dalam menu tersebut, pengguna akan melihat berbagai informasi seperti keterangan baterai, kapasitas maksimum baterai, jumlah siklus, dan lainnya.

Masih di halaman informasi Kesehatan Baterai, pengguna juga bisa melihat detail kapan baterai iPad-nya diproduksi dan pertama kali digunakan. Sayangnya, menu Kesehatan Baterai hanya tersedia di iPad Air dan iPad Pro yang diluncurkan pada 7 Mei lalu.

Berdasarkan kode sistem yang ditemukan di perangkat lunak iPadOS 17.5 versi beta, menu Kesehatan Baterai terbatas untuk iPad model terbaru. Artinya, perangkat lama tidak akan mendapatkan fitur ini, kecuali jika Apple berubah pikiran di kemudian hari.

Ini bukan kali pertama Apple membuat fitur yang paling banyak ditunggu menjadi eksklusif. Sebelumnya, perusahaan itu menambahkan dukungan pembacaan Cycle Count dan opsi untuk mencegah pengisian daya hingga lebih dari 50 persen di iPhone 15.

Dua kemampuan baru di fitur Kesehatan Baterai ini tidak tersedia untuk model iPhone yang lebih lama. Untungnya, kemampuan untuk membatasi pengisian daya yang berlebih ini ditambahkan ke dalam iPad terbaru, tetapi penempatannya berbeda dengan iPhone.

Di halaman pengaturan Baterai, pengguna iPad bisa mengaktifkan batas pengisian 80 persen. Jika menu ini diaktifkan, pengisian daya baterai tidak akan berjalan setelah menyentuh 80 persen. Menu ini akan menjaga baterai iPad mengalami aus.