Apa Itu Remote Learning: Berikut Penjelasan Beserta Manfaatnya

YOGYAKARTA - Apa itu remote learning? Bicara soal itu merujuk pada sebuah metode pendidikan atau pembelajaran online yang memungkinkan pembelajaran bisa dilakukan dengan jarak yang jauh. Soalnya, semua proses pembelajaran bisa dilakukan secara online.

Pada penerapannya, tata cara yang satu ini amat bergantung dengan infrastruktur dan implementasi yang dilakukan. Biasanya, infrastruktur dan implementasi yang baik bakal mensupport keberhasilan tujuan cara pembelajaran secara remote. Yuk kita bahas selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Remote Learning?

Remote learning merupakan salah satu tata cara pembelajaran secara jarak jauh yang dicoba memakai suatu teknologi informasi serta komunikasi buat menghubungkan peserta dengan para pendidik secara virtual.

Jadi remote learning maksudnya peserta bisa mengakses materi pelajaran serta tugas dari tempat lain dengan memakai fitur komputer serta telepon seluler yang tersambung dengan internet.

Di dalam tata cara remote learning, ada 2 sebutan yang diketahui yaitu, asinkron serta sinkron. Sinkron merupakan suatu prosedur pembelajaran yang membolehkan peserta mengikuti kelas secara langsung ataupun peer to peer real-time. Sebaliknya Asinkron maksudnya peserta dapat mengakses pembelajaran secara mandiri.

Perbedaan Remote Learning serta Online Learning

Remote learning serta online learning ialah 2 konsep yang sering kali digunakan secara bergantian, namun keduanya sesungguhnya mempunyai perbedaan yang lumayan mendasar.

Remote learning merupakan wujud pendidikan yang dilakukan secara jarak jauh, di mana peserta serta pendidik tidak berada di posisi yang sama.

Tetapi, peserta serta pendidik dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya lewat suatu platform pendidikan.

Sebaliknya online learning merupakan wujud pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh, di mana peserta serta pendidik tidak dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya.

Perihal ini karena, online learning dilakukan secara mandiri oleh para peserta tanpa perlu adanya interaksi langsung dengan para pendidik.

Manfaat Remote Learning Bagi Perusahaan

Remote learning telah jadi tren dalam dunia pendidikan sepanjang beberapa tahun belakangan. Begitu pula untuk perusahaan, perusahaan pula mempraktikkan remote learning buat tingkatkan kemampuan serta keterampilan karyawan dengan lebih efektif serta efisien.

Ada pula manfaat remote learning yaitu selaku berikut:

I. Remote Learning Menawarkan Fleksibilitas

Sebab dapat diakses secara online, remote learning membolehkan karyawan buat melaksanakan pembelajaran dari mana saja, serta kapan saja.

Karyawan tidak perlu membuang waktu buat berangkat ke lokasi pelatihan, serta karyawan bisa memilih waktu yang paling sesuai dengan agenda kerja mereka. Perihal ini pastinya bakal menghasilkan fleksibilitas.

II. Kemudahan dalam Akses Data

Pelatihan online bisa ditaruh dalam wujud digital serta diakses oleh karyawan kapanpun serta dimanapun.

Karyawan bisa mengakses modul pelatihan secara online serta perusahaan bisa melacak kemajuan mereka lewat platform pelatihan yang terintegrasi.

III. Sanggup Mencakup Peserta dengan Skala Lebih Besar

Dengan memakai remote learning, perusahaan dapat menyelenggarakan program pelatihan yang mencakup karyawan dengan skala yang lebih besar. Sehingga membuat pembelajaran jadi lebih gampang buat diakses.

IV. Hemat Biaya

Remote learning bisa kurangi anggaran yang dikeluarkan buat memberikan pengembangan karyawan secara manual ataupun offline.

Perihal ini sebab perusahaan tidak perlu lagi buat menyewa tempat khusus, mengumpulkan karyawan, dan mengundang pelatih dari jauh buat mengisi pelatihan.

Perusahaan pula tidak perlu lagi mengeluarkan budget buat mengurus segala administrasi buat pelatihan. Dengan begini tentu perusahaan dapat mengirit anggaran. Selain itu baca juga: “6 Aplikasi Belajar Online yang Dilengkapi dengan Beragam Fitur Menarik”.

Jadi setelah mengetahui apa itu remote learning, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!