Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah kalian pernah mendengar apa itu strut bar? Apabila belum, kalian bisa segera membuka kap mesin. Nantinya kalian bakal melihat batang besi yang menghubungkan antara sisi kanan dan sisi kiri, nah batang itu disebut dengan strut bar.

Manfaatnya lumayan banyak, khususnya buat keamanan berkendara. Contohnya saja buat menyeimbangkan mobil ketika bermanuver, berbelok pada tikungan tajam, ataupun guna membuat mobil tetap stabil kala dalam kecepatan maksimal. Buat lebih jelasnya, simak dalam uraian berikut.

Apa Itu Strut Bar

Strut bar ialah palang yang letaknya melintang buat menghubungkan kedua sisi sasis serta biasa ada pada ruang mesin mobil sport. Sparepart ini diucap pula dengan nama lain Strut brace.

Lebih jelasnya, Strut brace ini dipasang di sisi kiri serta kanan strut tower yang jadi mounting point dari shock breaker.

Penggunaannya tidak hanya buat mobil sport, umumnya pula identik dengan mobil-mobil yang mempunyai performa maksimal ataupun yang telah dimodifikasi.

Komponen ini digunakan buat melindungi kestabilan mobil sebab keberadaannya membuat kaki-kaki lebih kokoh sehingga jadi lebih kaku ataupun bisa disebut rigid.

Material dari Strut brace sendiri bermacam-macam, namun yang umum digunakan yaitu berbahan metal serta wujudnya pula disesuaikan dengan kendaraan. Tetapi jika buat modifikasi penampilan mobil, banyak yang lebih memperhatikan modelnya.

Selaku acuan, mobil yang mempunyai performa maksimal ataupun buat kompetisi balapan contohnya bakal memakai strut bar yang bahan pembuatnya mempunyai kode 4041 chromoly steel.

Kekuatan tarikannya dapat menggapai 95.000 psi. Posisi komponen ini terletak di bagian depan, pada engine bay.

Metode kerjanya ialah pada ketika proses spooring (penyetelan pada bagian roda depan) berlangsung, maka bakal terdapat penyetelan pada strut brace.

Setelah itu komponen ini bakal menghindari lower arm biar mesin tidak bergerak ke arah depan ataupun belakang.

Fungsi Strut Bar pada Mobil

Komponen yang banyak digunakan pada performance car ataupun mobil sport ini nyatanya mempunyai fungsi buat pengaman. Berikut merupakan peranan strut bar pada mobil yang penting buat Kalian tahu.

Menghubungkan Sasis

Guna satu ini telah dibahas sebelumnya, kalau posisi strut brace terletak di antara 2 sasis, yang berarti manfaatnya yaitu menghubungkan body/sasis serta suspensi pada sisi kiri dan sisi kanan.

Komponen ini umumnya pula didukung dengan fitur stabilizer, contohnya roll bar buat mendukung keselamatan. Tidak cuma secara mekanik, strut brace pula ada yang dihubungkan dengan elektronik sehingga dapat berperan secara otomatis sesuai kebutuhan.

Oleh sebab itu, strut bar dapat dipasangkan di atas shock absorber bagian depan buat menghubungkan body bagian depan.

Menambah Sifat Rigid/Kaku

Peranan berikutnya dari strut brace ini ialah buat menaikkan sifat rigid ataupun kaku pada suspensi mobil. Perihal ini bakal terasa ketika mobil berbelok, ada tekanan dari permukaan jalan.

Pada keadaan tersebut komponen ini bakal melindungi tekanan kedua sisi mobil, sehingga jadi lebih balance.

Pada ketika tekanan mobil akhirnya berjalan seimbang, maka handling mobil kala berbelok pula bakal terus menjadi maksimal serta stabil.

Terlebih kala mobil dipacu dengan kecepatan maksimal di belokan. Fitur ini sangat bermanfaat buat melindungi supaya mobil tidak menikung dengan ekstrim serta tidak membahayakan penumpang.

Mengurangi Gejala Body Roll

Strut bar ini pula dapat kurangi gejala terbentuknya body roll yang biasa berlangsung ketika mobil dalam kecepatan maksimal.

Body roll/ limbung merupakan kondisi di mana mobil keluar jalan ataupun terlempar, yang berlangsung ketika mobil dalam kecepatan maksimal. Komponen ini bakal membuat keadaan mobil jadi normal.

Memberikan Kestabilan pada Mobil

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kestabilan ialah perihal sangat bernilai, terlebih buat mobil yang kerap dipacu dengan kecepatan maksimal. Strut brace ini sangat direkomendasikan sebab bisa membuat mobil senantiasa stabil walaupun dalam kecepatan maksimal.

Mobil tipe sport umumnya telah dilengkapi dengan komponen ini, buat mendukung keamanan berkendara. Sebaliknya buat mobil pada umumnya, ada atau tidaknya strut brace ini tidak sangat mempengaruhi.

Namun bila digunakan buat melintasi jalan bebas hambatan ataupun tol, komponen ini sangat direkomendasikan buat dipasang, sebab dapat menjamin kestabilan serta keselamatan ketika berkendara.

Kestabilan ini bakal mempengaruhi pada pengendalian mobil. Mobil yang stabil bakal lebih gampang dikendalikan.

Perihal ini pula dapat meminimalisir musibah akibat mobil yang lepas kendali ketika berkendara dalam kecepatan maksimal. Namun bila digunakan pada jalanan yang macet, kurang direkomendasikan.

Mengurangi Fleksibilitas Suspensi

Komponen strut brace ini memanglah bakal kurangi fleksibilitas suspensi. Hal ini bertujuan buat kurangi ayunan berlebih sehingga tetap berimbang.

Dengan demikian, traksi serta roda bagian kiri dan kanan dapat berputar secara maksimal. Perihal ini pula bakal menyebabkan pengendalian lebih gampang.

Terdapatnya komponen ini memanglah bakal mengurangi kenyamanan ketika berkendara di jalur yang tidak rata, berlubang, maupun speed bump, sebab suspensi jadi kaku. Namun, kekakuan ini bakal membuat kendaraan senantiasa stabil kala berada di tikungan tajam.

Membagi Gaya pada Kedua Roda

Strut Bar bisa menghubungkan antara suspensi kiri serta kanan, sehingga dapat membagi gaya serta tekanan ketika berjalan dengan kecepatan besar pada kedua poros roda.

Umumnya ketika membelok ekstrim, sudut roda bakal berganti sebab sasis bakal bergerak. Dengan komponen ini, gaya dapat dibagi 2.

Sehabis membagi gaya, kala suspensi mulai bergerak, roda yang turut berputar tidak cuma satu roda saja namun dua- duanya turut berputar.

Perihal ini membuat arah roda berputar secara maksimal, sebab strut brace mengikat support atas dari shockbreaker kiri serta kanan.

Jadi setelah mengetahui apa itu strut bar, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!